Miguel Oliveira: Mendapatkan 10 dari 10 Poin

0

RiderTua.com – Miguel Oliveira: Mendapatkan 10 dari 10 poin… Di hari pertama tes MotoGP sebagai pembalap pabrikan KTM Red Bull di Qatar, Miguel Oliveira finis di urutan ke-5. Tapi dia mengungkapkan bahwa fokusnya ada pada bagaimana menyelaraskan ‘feeling berkendara’ dengan motor barunya.

Miguel Oliveira: Mendapatkan 10 dari 10 Poin

“Di tempat kerja, itu hari yang bagus,” kata Miguel Oliveira, tentang tes hari Sabtu di Qatar. Setelah istirahat musim dingin, pemenang balapan final Kejuaraan Dunia di Portimao itu sangat menantikan untuk kembali ke rutinitas kerja dan hari pertama tes sebagai pembalap pabrikan KTM Red Bull.

“Saya sangat senang bekerja dengan orang-orang profesional yang hebat ini, mereka memiliki segalanya di bawah kendali. Sangat menyenangkan bahwa saya merasa diterima dan saya dapat merasakan dukungannya,” imbuh pembalap asal Portugal itu.

Ketika Oliveira ditanya, bagaimana seorang pembalap MotoGP menghadapi jeda lebih dari 3 bulan sehubungan dengan larangan tes untuk pembalap reguler? Pemenang GP 14 kali itu menjawab, “Tiga bulan adalah waktu yang lama. Ini pertanyaan yang menarik karena dibandingkan dengan kelas motorsport lainnya, memberi kesan bahwa kami kurang mengendarai.”

“Hari-hari dimana kita mengendarai motor biasanya sangat produktif. Kami memanfaatkan waktu sepenuhnya. Dan dari sudut pandang fisik, kami mungkin memiliki lintasan dengan persiapan terbaik yang pernah ada. Setelah situasi sulit tahun lalu, kami sekarang memiliki waktu 3 bulan lagi, saya pikir semua orang dalam kondisi terbaik. Itu juga yang harus saya lakukan, siap secara fisik dan jangan memikirkannya sampai hanya tersisa 1 bulan.”

5 Hari Tes Sudah Cukup

Dengan musim baru, babak baru dimulai untuk pemenang MotoGP dua kali itu. Dia beralih dari Tech3 KTM ke tim pabrikan Red Bull KTM. Apa yang berubah? “Perbedaan utamanya adalah jumlah orang yang bekerja di sekitar saya di dalam garasi,” kata Oliveira menjelaskan.

“Saya pikir ini akan lebih membantu. Seperti yang diharapkan, saya memiliki lebih banyak alat untuk digunakan. Guna menemukan solusi dalam setiap situasi atau sekadar menjadi lebih cepat dan bekerja lebih baik secara umum.”

Ketika ditanya, adakah RC16 baru di garasi yang baru? “Benar,” kata Oliveira.

Apakah performa mesin sudah meningkat? “Saya tidak tahu, anda (media) semua tampaknya tahu lebih banyak tentang mesin ini ketimbang saya,” kata Oliveira sambil tersenyum.
“Dari perasaan dan pemahaman saya, mesin tidak berubah.”

Oliveira mendominasi balapan final di musim 2020, dia pun juga sudah mengetahui KTM RC16. Apakah hal ini sedikit menjadi keuntungan baginya? “Tidak,” jawab pembalap berusia 26 tahun itu sambil tertawa.

“Saya tidak berpikir bahwa kompetisi harus dilihat seperti itu. Setiap orang memiliki jumlah hari pengujian yang adil, 5 hari di trek itu banyak. Jika saya juga mempertimbangkan bahwa, kami kemudian melakukan dua balapan di Qatar. Saya pikir jumlah hari tes sudah tepat. Aprilia, yang masih memiliki hak konsesi menggunakan ini dan telah menguji lebih banyak dengan rider reguler mereka. Jadi semuanya berjalan sesuai aturan.”

Apa fokus pada tes hari pertama pengujian tahun ini? “Yang utama adalah kembali normal. Kami berhasil melakukannya dengan cukup baik. Kami mulai pada sore hari, meskipun kondisinya tidak sempurna. Kami hanya ingin merasakan motornya dan mulai bekerja dengan semua orang. Kami mengakhiri hari dengan perasaan yang baik. Saya akan mengatakan, hari ini kami mendapat 10 dari 10 poin. Ya, itu bagus,” pungkasnya.

Leave a Reply