Cedera Marquez Berdampak pada Mental? Ini Kata Morbidelli…

0

RiderTua.com – Bintang Repsol Honda Marc Marquez tidak mengendarai motor MotoGP sejak Juli 2020. Setidaknya di sesi foto, Marc Marquez kembali naik motor RC213V dan dalam video butuh seorang peran ‘stunt-man’ yang menggantikan posisinya di atas motor MotoGP.. Bahkan hingga kini belum diijinkan naik motor trail untuk latihan.. Apakah dia akan kembali 100% bahkan ketika diperbolehkan turun ke lintasan pertama kali?.. “Saya tidak ingat seorang atlet top yang absen setahun penuh,” kata runner-up MotoGP 2020, Franco Morbidelli. Apakah cedera Marc yang lama sembuhnya (setahun) mempengaruhi mental petarungnya?

Cedera Marquez Berdampak pada Mental? Ini Kata Morbidelli…

Marc Marquez adalah pembalap yang paling banyak absen di sesi pramusim ini, tapi namanya terus menjadi bahan pembicaraan. Ketika juara dunia delapan kali ini baru-baru ini secara resmi mengatakan akan melewatkan tes Qatar, akankah dia bisa mendapatkan kembali RC213V miliknya di seri pembuka…

Pada presentasi tim Repsol Honda sembilan hari lalu, pembalap Spanyol berusia 28 tahun itu mengumumkan bahwa dia akan memutuskan untuk kembali minggu demi minggu setelah berkonsultasi dengan para dokter. Dan dia dengan junjur mengatakan : “Anda tidak bisa berharap saya menjadi Marc Marquez yang sama lagi di balapan pertama setelah setahun di mana saya tidak mengendarai motor.”

Bagaimana pendapat bebarap pembalap?.. “Saya pikir dia mengalami cedera parah, salah satu cedera terburuk yang pernah kami lihat pada seorang atlet top.. Saya tidak ingat seorang pembalap atau atlet top yang kemudian absen sepanjang tahun, “kata Franco Moribidelli.

“Akan sulit untuk kembali dalam performa terbaiknya dan dengan cara yang kami selalu kenal dia darinya. Sulit, tapi bukan tidak mungkin,” imbuh Franky.

Secara fisik atau mental? “Ketika saya mencoba untuk menempatkan diri saya pada posisi Marc… Saya tidak tahu sejauh mana cederanya, saya tidak tahu rasa sakit apa yang dia alami saat ini. Jadi saya tidak bisa menilai itu. Saya tidak bisa menilai masalah fisik, tapi saya bisa menilai kesulitan mental,” kata pembalap Petronas Yamaha itu.

“Saya tahu bahwa cedera… cedera berat, pasti akan berdampak pada mental kita. Karena kita manusia. Kami mengingat hal-hal ini, yang telah membawa kami maju dalam evolusi. Kami mengingat hal-hal buruk. ”

Lalu kesimpulan Franky tentang Marc Marquez?… “Melawan sesuatu sebesar ini akan sulit (cedera parah). Tapi dia pria yang tangguh dan atlet yang tangguh. Jadi saya tidak mengerti mengapa dia tidak kompetitif.. “

Leave a Reply