KTM: Rival Marquez Tambah Kuat !

0

RiderTua.com – Bos KTM berujar bahwa absennya Marquez bikin rivalnya bertambah kuat… Lawan-lawan dari Honda terutama Marc Marquez, jelas pengen tahu kapan sang juara dunia MotoGP 6 kali itu akan kembali dan seberapa kuatnya dirinya saat ini. Menanggapi hal ini Pit Beirer salah satu bos KTM mengatakan, “Banyak pembalap muda harus menunjukkan bahwa mereka juga bisa menang melawan Marc.”.. Ada rookie MotoGP tahun lalu yang kini semakin matang dan rookie tahun ini yang akan memberikan kejutan..

KTM: Absennya Marquez Bikin Rival Tambah Kuat

Di musim MotoGP 2020, Yamaha meraih 7 kemenangan dari 14 balapan sementara Ducati menang 2 kali, KTM 3 kali, dan Suzuki 2 kali. Sedangkan Honda dan Aprilia terpaksa harus gigit jari musim ini tanpa kemenangan satu pun. Meski begitu Yamaha tidak memenangkan satupun dari 3 gelar dunia, karena poin mereka harus dikurangi 50 angka dalam kejuaraan dunia merek karena katup ilegal di GP Jerez -1.

Hasilnya, Ducati menjadi juara di klasemen konstruktor, setelah 5 pembalap mereka berhasil naik podium. Dovizioso, Miller, Petrucci, Zarco dan Bagnaia menunjukkan performa yang bagus. Suzuki Ecstar tidak pernah meraih pole position satu kali pun. Tetapi Joan Mir sukses merebut gelar dunia (peringkat 1) dan Alex Rins mengamankan tempat ketiga di kejuaraan pembalap.

Saat ditanya motor MotoGP mana yang terbaik di musim 2020, Direktur Motorsport KTM, Pit Beirer merenung sejenak sebelum menjawab pertanyaan itu. Kemudian dia menjawab sambil tertawa, “KTM RC16. Jika saya tidak percaya itu, saya harus berhenti dari pekerjaan saya.”

Red Bull KTM membuat terobosan di kelas utama pada tahun 2020. Tetapi tidak ada yang bisa menilai seperti apa musim ini seandainya Marc Marquez sehat. Dimana pembalap berusia 28 tahun itu memenangkan 12 dari 19 balapan pada 2019, dan 6 kali finis di tempat kedua.

Absennya Marc Membuka Peluang untuk Menang Bagi Pembalap Lain

Pit Beirer juga menyayangkan cedera panjang yang menimpa bintang Repsol Honda itu. Dia berkata, “Saat ini aspek yang sangat menyedihkan adalah Marc harus sangat menderita. Sampai kecelakaannya di Jerez, dia adalah pembalap terbaik di MotoGP selama bertahun-tahun.”

“Jika sekarang kita semua senang dengan kesuksesan tahun 2020, beberapa di antaranya hanya dimungkinkan oleh kejatuhan Marc. Tahun lalu ada 9 pemenang berbeda juga ada hubungannya dengan absennya Marc. Akan menarik bagi semua orang untuk melihat, di mana kami segera kembali bersaing setelah Marquez kembali.”

“Saya pikir, sebagian besar dari kami ingin segera melihatnya kembali ke trek. Bukan karena kami benar-benar ingin bersaing dengannya, tetapi karena orang ini berada di grid,” imbuh Beirer.

“Hari itu akan datang. Marc akan kembali dan kemudian kita akan mengetahui bagaimana keseimbangan kekuatan telah berkembang. Ini tentu bukan tugas yang mudah baginya. Setelah berbulan-bulan dan tiga kali operasi, dia akan berjuang untuk kembali ke level lamanya. Saya penasaran untuk melihat seberapa kompetitif Marc.”

Pit Beirer mengatakan bahwa hanya karena absennya Marquez, sejumlah pembalap untuk pertama kalinya merasakan peluang untuk menang. Karena hal ini membuat mereka lebih percaya diri dan lebih baik”

“Ketika Marc masih fit, semua pembalap lain masuk ke grid start dan memikirkan siapa yang akan finis kedua hari itu. Ketika Marc tidak ada di sana, tiba-tiba muncul pesaing baru untuk meraih kemenangan. Banyak pembalap tahu bahwa sekarang mereka bisa menang. Hasilnya, kinerja mereka naik 10 persen. Sekarang lawan Marc harus membuktikan bahwa mereka akan menunjukkan kepercayaan diri, ketika dia kembali ke grid start. Kemudian dia akan melakukan pertempuran hebat lagi. Mari berharap ini akan segera terjadi.”

Leave a Reply