Motor ItalJet dan NIU Bisa Dirakit Lokal di Indonesia?

0
(NIU)

RiderTua.com – Nama merek sepeda motor seperti Italjet dan NIU mungkin masih belum akrab bagi konsumen Indonesia. Walau sebenarnya kedua merek asal Eropa tersebut sudah terkenal dengan sejumlah produk yang berkualitas, dari Dragster sampai Gova 03. Baik Italjet maupun NIU masih didatangkan secara CBU dari pabriknya di luar negeri. Sehingga ini membuat Motolife Internusa selaku pemegang kedua merek tersebut tertarik untuk merakitnya secara lokal.

Baca juga: Skuter Listrik Dari Niu Resmi Hadir di Indonesia

ItalJet Maupun NIU Masih Didatangkan Secara CBU

Tak hanya memegang merek NIU dan Italjet, Motolife Internusa juga memegang merek lainnya seperti Energica dan Royal Alloy. Meski masih belum setenar merek motor lainnya di Tanah Air, tapi keempatnya memiliki produk yang cukup berkualitas. Seperti NIU yang sudah memiliki skuter listrik Gova dan Italjet yang terkenal dengan motor ‘anti-mainstream’.

Dari keempat merek tersebut, NIU dan Energica yang baru dijual di Indonesia. Sementara Italjet dan Royal Alloy belum juga dihadirkan karena proses pengirimannya tertunda karena kondisi sekarang. Tentu ini membuat Motolife Internusa terpikir untuk merakit motor tersebut secara lokal.

(Kumparan)

Bisa Bangun Pabrik, Asal…

Kalau dilihat, NIU dan Energica didatangkan dalam bentuk CBU (completely built-up) dari luar negeri, sehingga harganya lumayan lebih mahal disini. Jika unitnya dikirim sebagai unit CKD (completely knock down) dan dirakit lokal, bisa saja harganya menurun sedikit. Tentu itu menjadi pertimbangan bagi pemegang keempat merek motor Eropa tersebut.

Walau begitu, Motolife masih belum bisa memastikan kapan itu akan diwujudkan. Terlebih soal motor dari merek mana yang akan dirakit duluan, karena mereka memegang empat merek sekaligus. Semua itu masih dalam tahap perundingan lebih lanjut, sehingga belum dapat dipastikan kapan akan segera dilakukan.

Energica dan NIU dikenal dengan produk motor listriknya, dan sepertinya Motolife memanfaatkan kesempatan untuk mendatangkannya ketika segmen EV mulai berkembang pesat. Sementara Italjet pernah disebut-sebut akan hadir pada tahun ini setelah sempat tertunda karena kondisi yang belum kondusif.

Leave a Reply