Marquez Tak Menyalahkan Siapapun: Keputusan Terakhir Ada di Tangan Saya!

0
Marquez Tak Menyalahkan Siapapun
Marquez Tak Menyalahkan Siapapun

RiderTua.com – Juara dunia MotoGP enam kali Marc Marquez menegaskan bahwa dia tidak menyalahkan siapapun (termasuk dokter) atas komplikasi pada lengan kanannya yang patah yang membuatnya absen selama tujuh bulan terakhir. Saat ditanya: “Siapa yang harus disalahkan? Keputusan terakhir ada di tangan saya,” ujarnya …

Marquez Tak Menyalahkan Siapapun: Keputusan Terakhir Ada di Tangan Saya

Absen selama tujuh bulan, Marc Marquez mengakui comebacknya yang gagal dan terburu-buru di Jerez adalah kesalahan yang harus dibayar mahal, tetapi tidak menyalahkan dokter yang mendukung upaya itu karena keputusan terakhir ada di tangannya.

Sebaliknya, bintang Repsol Honda itu menekankan bahwa pada akhirnya itu adalah keputusan yang menentukan untuk mencoba melakukan comeback lebih awal, hanya beberapa hari setelah cedera terjadi menyusul kecelakaannya pada seri pembuka musim Jerez Juli 2020 lalu.

Meskipun upaya comeback berlangsung kurang dari sehari, keputusan untuk balapan, yang didukung oleh nasihat medis dan telah lulus tes kebugaran yang diperlukan, berkontribusi besar pada akumulasi stres yang menyebabkan plat patah saat membuka jendela minggu berikutnya .

Tetapi tulang tidak mengalami penyembuhan dengan sempurna setelah pelat kedua dipasang, membutuhkan operasi ketiga dan pencangkokan tulang.. Selain itu lamanya masa penyembuhan karena infeksi selama operasi delapan jam sebelumnya.

“Pada akhirnya itu adalah keputusan semua orang. Ketika kami memenangkan gelar, kami selalu berbicara tentang tim dan orang-orang di sekitar saya. Ketika kami melakukan kesalahan, kami harus berbicara tentang segalanya,” kata Marquez..

“Tentu saja, keputusan terakhir ada di tangan saya. Tapi ketika saya, Honda dan tim saya menerima ‘lampu hijau’ dari para dokter, maka tentu saja kita akan mencoba. Anda tahu bagaimana para pembalap. Jika mereka mengatakan Anda bisa mencoba, maka mereka akan mencobanya. Saya merasa saya bisa mencoba, tetapi yang saya rasakan bukanlah apa yang dibutuhkan tubuh saya.”

Marquez Tak Menyalahkan Siapapun
Marquez Tak Menyalahkan Siapapun

Mempengaruhi Mental

Meskipun masih belum jelas kapan Marquez akan kembali beraksi dia akan absen dalam tes Qatar bulan depan, tetapi belum mengesampingkan dirinya akan turun balapan pada 28 Maret .. Setidaknya tulangnya sekarang sembuh dan ada kemajuan.

Marquez bicara tentang pengaruh pemulihannya yang lama… “Itu sulit secara fisik tetapi juga dari sisi mental.. Ini sangat sulit terutama sekitar September-Oktober karena pada periode itu perasaan di lengan saya persis sama. Tidak ada perbaikan. Tidak ada yang lebih buruk. Tapi tidak ada perbaikan. Saya merasa ada sesuatu di dalam yang bergerak. Ini adalah perasaan saya”.

“Saya berusaha untuk selalu optimis dan saya tidak pernah berpikir saya tidak akan balapan lagi. Saya selalu memikirkan ‘kapan balapan berikutnya, kapan tes berikutnya’ untuk mencoba dan mengikutinya.”

Leave a Reply