AHM Perkenalkan CBR Tricolor Series

0

RiderTua.com – Beberapa waktu lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan CBR600RR di Indonesia. Ini dilakukan sebagai jawaban bagi mimpi pecinta motor super sport berperforma tinggi di Tanah Air. Kehadiran New CBR600RR ini juga makin lengkap dengan peluncuran serentak pilihan warna Tricolor pada seluruh model CBR series. Sehingga varian 150 cc dan 250 cc sudah menyediakan warna ikonik tersebut.

Baca juga: Inilah Honda CB350RS, H’Ness CB350 Versi Scrambler!

Peluncuran Serentak Warna Tricolor CBR Series

Kesuksesan peluncuran CBR1000RR-R Fireblade jauh sebelumnya menjadi alasan kenapa New CBR600RR dikenalkan saat ini. Motor super sport tersebut kini tampil dengan warna Tricolor yang disebut merepresentasikan semangat serta pengaplikasian teknologi balap. Sehingga CBR600RR memberikan gaya baru dalam revolusi desain, teknologi dan fitur canggih yang disesuaikan dengan masa kini.

Tricolor
Tricolor 150cc
Tricolor
Tricolor 250cc
New Honda CBR600RR
Tricolor 600cc

Motor Super Sport

Warna Tricolor ini juga pilihan warna terbaru pada dua motor lainnya, yaitu CBR250RR dan CBR150R. Kehadiran varian warna tersebut semakin memperkuat karakter ‘Total Control’ ala CBR series. Paduan warna legendaris Tricolor tersebut sudah digunakan Honda sejak puluhan tahun lalu. Pertama kali dipakai dalam ajang balap legendaris Isle of Man TT tahun 1959, warna yang berupa kombinasi warna merah, biru, dan putih tersebut juga diterapkan pada baju pembalap Honda mulai tahun 1970.

Sejak saat itu, sejumlah motor balap Honda mulai memakai konsep warna Tricolor ini. Mulai dari CB750 yang digunakan pada ajang Daytona 200 mile di Amerika Serikat sampai Honda XR500R yang berhasil menjuarai Reli Paris-Dakkar 1982. Kini Tricolor diaplikasikan pada berbagai produk berperforma tinggi Honda yang dipasarkan di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Soal CBR600RR, motor 600 cc ini mengusung konsep Awaken The Race, yaitu memberikan performa ala motor balap sungguhan. Kontrol elektronik dan teknologi aerodinamis terbaru dapat memberikan peningkatan kinerja secara keseluruhan. Walau memiliki performa tinggi, tapi masih gampang untuk dikendarai oleh penggunanya baik di lintasan sirkuit maupun di jalan umum.

Namanya motor super sport tentu diberikan beberapa penambahan khusus pada CBR600RR. Seperti winglet yang dapat memberikan down force saat berakselerasi terinspirasi dari motor balap Honda di MotoGP. Lalu ada juga throttle-by-wire, HSTC (Honda Selectable Torque Control), ESS (emergency stop signal), sampai Honda Electronic Steering Damper (HESD). Mesin DOHC 599cc 4-silinder mampu menghasilkan tenaga sebesar 121 PS dan torsi 64 Nm.

Sebagai pelengkap, CBR600RR memiliki lampu LED serta layar TFT full digital yang dapat menampilkan dua mode berkendara, yaitu Circuit dan Street. Motor ini hadir dengan warna legendaris Tricolor dan dijual dengan harga Rp 550 juta (on the Road Jakarta). Sementara untuk CBR150R ABS dan CBR250RR SP Quick Shifter warna Tricolor masing-masing dibanderol Rp 40,6 juta dan Rp 77,3 juta. Karena hanya mendapat tambahan warna, spesifikasi mesinnya tak mengalami ubahan.

Leave a Reply