Yamaha M1 2021 ‘Morbidelli-Sentris’.. Memakai Acuan Frame Milik Franky ?

0
Yamaha M1 2021 'Morbidelli- Sentris'.. Memakai Acuan Frame Milik Franky ?
Yamaha M1 2021 'Morbidelli- Sentris'.. Memakai Acuan Frame Milik Franky ?

RiderTua.com – Paket Yamaha YZR-M1 2021 apakah akan ‘Morbidelli-Sentris’? memakai acuan frame milik Franky ?.. Kecuali sektor mesin yang dibekukan, Yamaha akan meracik M1 sambut musim MotoGP 2021 dengan banyak fitur baru. Perhatian difokuskan pada frame yang akan mendekati dengan yang digunakan oleh Franco Morbidelli. Kecenderungannya adalah menggunakan sasis yang mirip frame aluminium double-beam yang digunakan oleh pembalap Italia-Brasil itu. Bos proyek Yamaha M1 Takahiro Sumi mengonfirmasi adanya studi seputar frame pada saat presentasi. Jika benar ini akan sedikit aneh karena sumber dari pengembangan adalah pembalap yang di nomor duakan dengan motor spek lama. Sementara tugas riset ada dipundak Vinales dan Quartararo. Angel wes…

Yamaha M1 2021 Morbidelli- Sentris? Pakai Acuan Frame Milik Franky ?

Untuk musim 2021, akankah Yamaha M1 lebih baik dalam spek terbarunya?.. “Pada dasarnya, saat membeli motor baru, mungkin lebih baik menunggu beberapa bulan pertama. Itu fakta sehari-hari. Ada perubahan generasi untuk motor pabrikan tahun lalu. Kami pasti bisa meningkatkan motor di setiap area. Saya pikir motor pabrikan akan lebih konsisten dan tampil lebih baik tahun ini,” ujar Lin Jarvis..

Untuk melihat bagaimana Yamaha YZR-M1 baru sedang bekerja, kita harus menunggu tes MotoGP resmi pertama di Qatar. Sebelumnya, rumah Iwata tidak memiliki rencana untuk tes pribadi dengan Cal Crutchlow, yang akan berpartisipasi dalam tes shakedown 5 Maret di Qatar. Pemgembangan mesin dibekukan, tetapi masih bisa utak-atik di tempat lain seperti pengapian, knalpot, sistem injeksi dll. Tentunya perhatian para insinyur Yamaha difokuskan pada ini dan bidang lainnya untuk meningkatkan performa mesin.

Tahun lalu klep mesin menyebabkan banyak masalah, tahun ini masalah akan teratasi. “Klep mesin yang akan kami homologasi tahun ini adalah yang terbaik. Klep yang tidak memiliki cacat produksi akan dipasang… Kami akan lebih baik dalam menjaga keandalan. Mengenai masalah tenaga dan performa, kami tahu bahwa dengan mesin yang dibekukan, kami masih akan mengalami kelemahan,” ujar Lin Jarvis.

Top Speed Masih Merupakan Kelemahan

Top Speed Yamaha tidak akan banyak meningkat, tetapi akan sama untuk semua pabrikan. Sebaliknya, fokusnya ada pada akselerasi dan pengereman. Fokus pada frame tahun 2020 Yamaha memenangkan tujuh balapan, setengah dari balapan di kalender, meskipun hanya satu untuk tim pabrikan. Bukti bahwa gaya balap itu sangat penting. Lebih dari sekedar power, konsistensi sangat diperlukan. “Kami kesulitan untuk menyesuaikan motor kami dengan sirkuit dengan sedikit cengkeraman.. Kami akan memperkenalkan aerodinamika baru dan mengerjakan swingarm serta rangka (frame). Kami berharap bisa menghadirkan knalpot baru juga. Sebagian besar pekerjaan di jeda musim dingin dilakukan pada sasis, membandingkan data Franco Morbidelli dengan data pembalap dengan spesifikasi resmi,” kata Maio Meregalli.

Jarvis: Franky Pantas Mendapatkan Motor Spek Resmi

Frame Milik Morbidelli?

Trennya adalah mendekati frame aluminium double-beam yang digunakan oleh pembalap Italia-Brasil itu. Pimpinan proyek Yamaha Takahiro Sumi mengonfirmasi studi seputar frame pada presentasi. Tetapi pekerjaan lainnya harus dilakukan di dalam garasi oleh staf teknis yang harus bereaksi cepat terhadap cuaca dan kondisi aspal.

Prinsip mereka untuk tahun ini adalah tidak lagi membutuhkan motor yang lebih cepat untuk memenangkan gelar MotoGP, tetapi lebih konsisten dalam performa. Maverick Vinales dan Fabio Quartararo menunjukkan kerapuhan psikologis tertentu ketika akhir pekan tidak berjalan sesuai rencana. Start yang salah, pilihan kompon ban yang meragukan, adaptasi pada motor dengan tangki penuh, ban.. Di mana ini akan mempengaruhi pembalap.

“Kami sedang bekerja untuk menemukan solusi untuk kemampuan beradaptasi yang lebih baik dari motor ke berbagai jenis sirkuit dan kondisi yang berbeda. Kami pikir ini bisa dicapai dengan memodifikasi hardware motor. Kami mengharapkan peningkatan dalam interaksi antara motor dan pembalap,” pungkas Sumi-san…

Leave a Reply