Categories: MotoGP

Bocor, Sirkuit Brno akan Berubah Jadi Perumahan Real Estate?

RiderTua.com – Bocor, sirkuit Brno akan berubah jadi perumahan real estate?… Pada tahun 2016 ada laporan bahwa sirkuit Brno dijual. Skoda disebut sebagai pihak yang tertarik untuk membelinya. Kini kabarnya, lahan seluas 128 hektar itu akan disulap menjadi perumahan. Sebuah informasi telah bocor, bahwa seluruh area seluas 128 hektar di Automotodrom Brno dijual ke perusahaan real estate. Dan kemungkinan diubah menjadi kompleks perumahan raksasa…waduh..!

Sirkuit Brno akan Berubah Menjadi Perumahan Real Estate

Pada 8 Desember 2020, promotor GP Ceko ‘Spolek pro poradani Grand Prix’ menjelaskan bahwa, tidak akan ada balap motor pada tahun 2021 di Automotodrom Brno. Jelas keputusan ini membuat puluhan ribu penggemar setia MotoGP kecewa. Karena GP Brno dinilai sebagai lokasi balapan yang menarik.

Pemilik Masaryk Ring Karel Abraham Sr. juga menjadi salah satu yang merugi. Karena dia telah memiliki sirkuit itu sejak 2005, dan menyewakannya kepada Spolek dengan harga selangit sekitar 30 juta crown Ceko (1,137 juta euro) selama seminggu. Sebelumnya, dia sendiri bertindak sebagai rekanan kontrak Dorna dan sebagai penyelenggara balapan. Selain itu, dia ingin menawarkan putranya Karel Jr. ke platform home GP.

Pemilik sirukit Karel Abraham Sr. terus mengklaim, bahwa dia tidak bisa mendapat keuntungan bahkan dengan 150.000 atau 200.000 penonton di balapan akhir pekan. Itulah mengapa perusahaan ‘Spolek pro poradani Grand Prix’ didirikan 5 tahun lalu. Mereka yang mengurus penyelenggaraan balapan dan menanggung risiko finansial. Pemegang saham perusahaan ini adalah pemerintah Kota Brno (daerah Moravia Selatan) dan Pemerintah Provinsi di Praha.

Setiap tahun ada perselisihan di antara pemegang saham karena masalah politik. Negosiasi dengan Dorna juga berjalan sendiri, biaya balapan tidak pernah dibayarkan tepat waktu. Dan setiap tahun ketidakpastian tentang balapan terus meningkat.

Bocor, Sirkuit Brno akan Berubah Jadi Perumahan Real Estate?

Dalam 4 Tahun Tak Kunjung Diperbaiki

Pada saat yang sama, Abraham enggan berinvestasi dalam hal infrastruktur. Meskipun pesaingnya seperti Assen telah menginvestasikan jutaan euro. Dan Spielberg sebagai sirkuit baru dan menarik, ditambahkan ke kalender pada 2016.

Selain itu, sirkuit baru di lintasan balap modern ditambahkan untuk mengikuti kalender ini sejak 2010. Yakni di Aragon, Las Termas, Texas, Buriram, KymiRing dan Portimao. Pihak berkepentingan lainnya seperti Mandalika (Indonesia), Igora Drive (St. Petersburg), Sokol Circuit (Kazakhstan), Rio, The Bend in Australia dan lainnya ada dalam daftar tunggu.

Atas permintaan pembalap MotoGP, Dorna Sports SL menuntut permukaan trek baru selama perpanjangan kontrak balapan di Brno. Yang kemungkinan akan menelan biaya sekitar 100 juta crown Ceko (3,7 juta euro). Namun Brno secara resmi menutup keran untuk balapan tahun 2021.

Mereka yang bertanggung jawab di Spolek menyatakan bahwa, mereka tidak akan pernah mengadakan balapan MotoGP atau Kejuaraan Dunia Superbike di Brno lagi. Beberapa hari lalu Abraham sendiri masih bermain-main di Kejuaraan Dunia Superbike. Karena pada seri ini bayaran untuk Dorna di Eropa, terkadang kurang dari 500.000 euro. Di sisi lain, sebuah balapan menelan biaya lebih dari 4 juta euro.

Kalender balap 2021 di Brno sudah tidak terlalu menjanjikan lagi. Event-event seperti the Masaryk Run, Histo Cup, Ferrari Challenge and the Drift Challenge bukanlah acara menarik tahun ini.

Bocor, Sirkuit Brno akan Berubah Jadi Perumahan Real Estate?

Berubah Jadi Perumahan

Sebuah informasi telah bocor, bahwa seluruh area seluas 128 hektar di Automotodrom Brno dijual ke perusahaan real estate. Dan kemungkinan diubah menjadi kompleks perumahan raksasa.

Menurut informasi, Karel Abraham merupakan pemegang saham 78,24 persen di Automotodrom Brno, sebagai (AMD). Perusahaan AMD memiliki dan mengoperasikan sirkuit dan seluruh fasilitas, termasuk tribun dan sebagainya. AMD juga merupakan pemilik start/finish tower, pit area, medical center dan lain sebagainya.

Baca: GP Brno: Duel Seru Pedrosa Vs Lorenzo..Stoner…Sayang Anak…!!!

Pada 23 Agustus 2016 silam tersiar kabar bahwa, Masarayk-Ring kemungkinan akan dijual dan dinamai ‘Skoda’ sebagai pihak yang berkepentingan. Namun rencana seperti itu dibantah keras oleh Abraham dan direktur pelaksana Ulmanova.

Sekarang ‘burung’ di Brno ‘bersiul’, dan kabar rencana pembangunan perumahan santer terdengar. Hingga saat ini, Abraham dan Ulmanova belum berkomentar soal niat tersebut. Untuk saat ini, mereka tidak menyangkal atau mengkonfirmasi laporan tersebut.

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Hasil Sprint Race MotoGP Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera, Hasil Sprint Race MotoGP Spanyol 2024 — Rider Prima Pramac, Jorge Martin, berhasil memenangkan balapan…

27 April 2024

Hasil Kualifikasi Moto2 Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Pembalap Speed Up Racing Fermin Aldeguer mampu menyelesaikan kualifikasi Moto2 Spanyol 2024 yang digelar…

27 April 2024

Hasil Kualifikasi Moto3 Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Berdasarkan hasil kualifikasi Moto3 Spanyol 2024, pembalap Kolombia, David Alonso, bakal memulai balapan dari…

27 April 2024

Pecco Bagnaia : Motornya Jauh Lebih Stabil..Tidak Merasakan Ada Getaran!

RiderTua.com - Pecco Bagnaia memulai latihan hari Jumat di Jerez dengan masalah pada Desmosedici GP24 miliknya. Yang membuat rider pabrikan…

27 April 2024

Marc Marquez Pede : Masa Adaptasi Selesai Kini Mulai Bicara Podium dan Kemenangan

RiderTua.com - Sepanjang hari, Marc Marquez selalu berada di barisan depan pada latihan hari Jumat di Jerez. Bahkan di tengah…

27 April 2024

Hasil Kualifikasi MotoGP Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Marc Marquez merebut posisi start terdepan (pole position) untuk balapan MotoGP Spanyol. Dia menjadi…

27 April 2024