Gelar Mobil MPV Terlaris di Dunia Jatuh Kepada…

0

RiderTua.com – Boleh dibilang kalau Toyota Avanza masih menyandang gelar sebagai mobil MPV terlaris di Indonesia. Meskipun hasilnya menurun drastis dari tahun sebelumnya, tapi Avanza sanggup mempertahankan gelar tersebut. Sementara gelar mobil MPV terlaris sedunia ternyata dipegang oleh model Wuling Hongguang. Mobil ini sanggup mencatatkan hasil penjualan yang cukup fantastis.

Gelar Mobil MPV Terlaris Sedunia Dipegang Oleh Wuling

Mungkin agak mengejutkan kalau gelar tersebut tak dipegang oleh Avanza, melainkan oleh kompetitornya sendiri. Meski sebenarnya itu tak mengejutkan mengingat merek asal Negeri Tirai Bambu ini dapat menjual cukup banyak model. Bahkan sepanjang tahun 2020 saja, Wuling Hongguang sanggup terjual sebanyak 292.934 unit di kampung halamannya.

Tentu itu mengejutkan karena angka ini didapat dari Negeri Panda saja, dan model Hongguang hanya dijual disana. Mungkin Confero tak ikut termasuk didalamnya meski berupa ‘Hongguang versi Indonesia’, karena berupa produk global Wuling. Hasil tersebut mampu mengungguli MPV Honda Odyssey yang terjual sebanyak 149.065 unit di periode yang sama.

Gelar Mobil MPV Terlaris
(Foto:Otomotif Kompas) honda odyssey 2018

MPV Unggulan

Sementara di posisi ketiga ada Buick GL8 yang mencatatkan angka hingga 146.859 unit, selisih cukup tipis dengan Odyssey. Disusul MPV premium Toyota Alphard terjual 119.560 unit, dan hasil yang didapatnya ini disebut naik drastis dari tahun sebelumnya. Mungkin kondisi pasar saat itu tak mempengaruhi segmennya sebagai mobil mewah, walau selisihnya cukup jauh dari GL8.

Dibawah Alphard ada Kia Soul dengan 109.332 unit mobil terjual. Lalu ada Maruti Suzuki EECO 99.480 unit, Toyota Sienta 88.350 unit, Toyota Roomy 84.826 unit, Maruti Suzuki Ertiga 80.679 unit, dan Honda Freed 77.650 unit. Yang mengejutkannya, sebagian diantaranya berupa MPV yang dijual di Indonesia terdiri dari Odyssey, Alphard, Sienta, sampai Ertiga (Freed dulu pernah dijual).

Dari sekian model yang ada, hanya ada satu model LMPV yang masuk ke dalam daftar, yaitu Ertiga (versi India). Sepertinya pesaing Avanza ini mampu ‘go international’ dengan raihan hasil tersebut, walau masih kalah dari ‘kembarannya’ Confero. Toyota lagi-lagi mendominasi segmen MPV global dengan tiga produk unggulannya tersebut.

Leave a Reply