Categories: MotoGP

Resmi Dicoret dari Kejuaraan Dunia MotoGP 2021

RiderTua.com – MotoGP Indonesia, Argentina dan Texas siap gelar balapan… Siapa pun yang berharap balapan MotoGP akan bertambah dipastikan akan kecewa. Balapan yang sedianya digelar pada bulan Juli 2021 itu terkonfirmasi gagal dilaksanakan. Karena otoritas anti doping dunia (WADA) saat ini tidak mengizinkan balapan Kejuaraan Dunia di suatu tempat. “Kalau balapan di Asia dibatalkan, kita bisa pindah ke Indonesia. Operator sirkuit di sana bekerja tanpa lelah untuk dapat menggelar balapan, paling cepat 2021. pada bulan Juli, kami akan tahu apakah itu akan berhasil,” pungkas Ezpeleta.

Satu minggu yang lalu, Dorna dan asosiasi motor dunia FIM menerbitkan kalender MotoGP 2021 yang sudah direvisi. Jika dilihat, Sirkuit baru Drive Igora yang terletak di dekat kota St.Petersburg tidak lagi dimasukkan dalam jadwal. Padahal pada Desember lalu, Dorna masih mempertimbangkan untuk memasukkan GP tambahan pertama dalam sejarah kejuaraan dunia balap motor, setelah KymiRing pada Juli.

Namun, alasan pembatalan sudah jelas. Setelah skandal doping mengemuka, Pengadilan Olahraga Internasional (CAS) memutuskan bahwa tidak ada kejuaraan olahraga dunia (yang tunduk pada peraturan Badan Anti-Doping Dunia) yang boleh digelar hingga akhir 2022.

Ini juga mencakup semua kelas dari Federasi Motor Dunia/FIM dan Federasi Otomotif Dunia/FIA. Sejauh ini WADA belum memberikan lampu hijau kepada FIM, untuk menggelar Kejuaraan Dunia Ice Speedway 2021 di Togliatti pada digelar pada pertengahan Februari nanti.

Itulah sebabnya, ajang Kejuaraan Dunia Motocross dan Kejuaraan Dunia Superbike juga terancam dibatalkan. Naasnya lagi, negara itu telah menutup perbatasannya untuk menahan melonjaknya penyakit berbahaya. Saat ini untuk mendapatkan visa saja tidak mungkin.

Selain itu, Igora Drive Circuit sepanjang 4 km belum menerima homologasi Grade A dari FIM. Beberapa modifikasi untuk menggelar balapan yang harus dilakukan juga belum selesai.

“Jika situasi dengan WADA tidak berubah, kami tidak akan dapat menyelenggarakan Kejuaraan Dunia di sana,” jelas CEO Dorna Carmelo Ezpeleta dalam sebuah wawancara.

Sirkuit Mandalika

Indonesia, Argentina dan Texas Siap Gelar Balapan

Tapi Dorna telah menambahkan GP Qatar-2 ke programnya, dan GP Portugal pada 25 April. Selain itu, Sirkuit Jalan Raya Internasional Mandalika yang baru, akan tersedia sebagai tempat cadangan jika balapan di luar Eropa dibatalkan pada musim gugur. Argentina dan Texas juga ada dalam daftar tunggu.

“Kami harus menunggu dan melihat seperti apa situasi korona pada balapan musim gugur di Asia. Kami masih punya waktu 8 bulan sampai saat itu. Saya pikir kami akan memiliki peluang bagus untuk menjalankan balapan ini.”

This post was last modified on 7 April 2022 02:25

Tags: dornamotogp
Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Augusto Fernandez : Sekarang Pedro Acosta Adalah Pembalap Terbaik di Pabrikan KTM

RiderTua.com - Ketika rekan setimnya di GasGas Tech3 Pedro Acosta merayakan podium (finis ke-2) di COTA, Augusto Fernandez hanya mampu…

19 April 2024

Enea Bastianini Menemukan Kecepatannya Kembali, GP24 Sudah Nyetel?

RiderTua.com - Enea Bastianini menemukan kecepatannya kembali setelah finis ketiga di Texas, dia merasa berada di jalur yang benar, tahun…

19 April 2024

Ducati Harus Memberi Pecco Motor Terbaik untuk Meng-KO Jorge Martin

RiderTua.com - Ducati harus memberi Pecco motor terbaik untuk meng-KO Jorge Martin... Kejuaraan dunia MotoGP 2024 dimulai dengan penuh kejutan…

19 April 2024

Rumor Jack Miller Ditukar Pedro Acosta Musim Ini, Ini Jawaban Bos KTM

RiderTua.com - Secara kontrak KTM dapat menukar pembalap antar timnya di tengah musim, tetapi pabrikan asal Austria itu tidak berencana…

19 April 2024

Wuling Dkk Tawarkan Diskon Untuk Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Wuling masih menjadi pemimpin penjualan mobil listrik di Indonesia pada Maret lalu. Binguo yang mampu menjadi model BEV…

18 April 2024

Hyundai, Kia, dan Toyota Hadirkan Diskon Untuk MPV Mewahnya

RiderTua.com - Hyundai tidak hanya menghadirkan low MPV Stargazer di Indonesia, tetapi juga MPV mewah Staria. Nyatanya model ini hadir…

18 April 2024