Resmi Dicoret dari Kejuaraan Dunia MotoGP 2021

RiderTua.com – MotoGP Indonesia, Argentina dan Texas siap gelar balapan… Siapa pun yang berharap balapan MotoGP akan bertambah dipastikan akan kecewa. Balapan yang sedianya digelar pada bulan Juli 2021 itu terkonfirmasi gagal dilaksanakan. Karena otoritas anti doping dunia (WADA) saat ini tidak mengizinkan balapan Kejuaraan Dunia di suatu tempat. “Kalau balapan di Asia dibatalkan, kita bisa pindah ke Indonesia. Operator sirkuit di sana bekerja tanpa lelah untuk dapat menggelar balapan, paling cepat 2021. pada bulan Juli, kami akan tahu apakah itu akan berhasil,” pungkas Ezpeleta.

 

Satu minggu yang lalu, Dorna dan asosiasi motor dunia FIM menerbitkan kalender MotoGP 2021 yang sudah direvisi. Jika dilihat, Sirkuit baru Drive Igora yang terletak di dekat kota St.Petersburg tidak lagi dimasukkan dalam jadwal. Padahal pada Desember lalu, Dorna masih mempertimbangkan untuk memasukkan GP tambahan pertama dalam sejarah kejuaraan dunia balap motor, setelah KymiRing pada Juli.

Namun, alasan pembatalan sudah jelas. Setelah skandal doping mengemuka, Pengadilan Olahraga Internasional (CAS) memutuskan bahwa tidak ada kejuaraan olahraga dunia (yang tunduk pada peraturan Badan Anti-Doping Dunia) yang boleh digelar hingga akhir 2022.

Ini juga mencakup semua kelas dari Federasi Motor Dunia/FIM dan Federasi Otomotif Dunia/FIA. Sejauh ini WADA belum memberikan lampu hijau kepada FIM, untuk menggelar Kejuaraan Dunia Ice Speedway 2021 di Togliatti pada digelar pada pertengahan Februari nanti.

Itulah sebabnya, ajang Kejuaraan Dunia Motocross dan Kejuaraan Dunia Superbike juga terancam dibatalkan. Naasnya lagi, negara itu telah menutup perbatasannya untuk menahan melonjaknya penyakit berbahaya. Saat ini untuk mendapatkan visa saja tidak mungkin.

Selain itu, Igora Drive Circuit sepanjang 4 km belum menerima homologasi Grade A dari FIM. Beberapa modifikasi untuk menggelar balapan yang harus dilakukan juga belum selesai.

“Jika situasi dengan WADA tidak berubah, kami tidak akan dapat menyelenggarakan Kejuaraan Dunia di sana,” jelas CEO Dorna Carmelo Ezpeleta dalam sebuah wawancara.

Sirkuit Mandalika
Sirkuit Mandalika

Indonesia, Argentina dan Texas Siap Gelar Balapan

Tapi Dorna telah menambahkan GP Qatar-2 ke programnya, dan GP Portugal pada 25 April. Selain itu, Sirkuit Jalan Raya Internasional Mandalika yang baru, akan tersedia sebagai tempat cadangan jika balapan di luar Eropa dibatalkan pada musim gugur. Argentina dan Texas juga ada dalam daftar tunggu.

“Kami harus menunggu dan melihat seperti apa situasi korona pada balapan musim gugur di Asia. Kami masih punya waktu 8 bulan sampai saat itu. Saya pikir kami akan memiliki peluang bagus untuk menjalankan balapan ini.”

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page