Categories: MotoGP

Sirkuit Igora Drive: Lintasan Diperpanjang untuk Ajang MotoGP

RiderTua.com – Sirkuit Igora Drive yang mirip Aragon ini lintasan diperpanjang untuk ajang MotoGP… Seperti Mandalika di Indonesia dan Portugal, Sirkuit Igora Drive dekat St. Peterburg Rusia adalah tempat balapan cadangan untuk tahun 2021. Lintasan sepanjang 4 km sekarang sedang diperpanjang.

Sirkuit Igora Drive: Lintasan Diperpanjang untuk Ajang MotoGP

Sirkuit Igora Drive baru yang modern, seharusnya menjadi tempat perlombaan DTM pada tahun 2020. Tetapi kompetisi tersebut menjadi korban dari krisis kesehatan yang kemudian dibatalkan.

Sekarang trek sepanjang 4.086 km dan 15 tikungan itu, (berada 54 km sebelah utara kota pelabuhan St.Petersburg), masuk dalam kalender sebagai sirkuit cadangan untuk Kejuaraan Dunia MotoGP dan Kejuaraan Dunia Superbike pada tahun 2021.

Trek balap ini direncanakan dan dibangun oleh perusahaan Jerman ‘Tilke Engineers & Architects’. Mantan pembalap mobil sport Hermann Tilke telah merencanakan dan merancang 21 arena balap Formula 1 dan 90 trek balap dan trek uji lainnya.

Fasilitas ini menelan biaya sekitar 192 juta US dolar hingga saat ini. Ini mencakup varian trek yang berbeda dan juga memiliki homologasi FIA Grade 1 untuk Formula 1. Di kawasan ini tersedia sirkuit karting, Kejuaraan Dunia Motocross, trek reli, balapan musim dingin, dan gedung konferensi.

Igora Drive

Salah satu investor utamanya adalah miliarder Yury Kovalchuk. Pemilik utama Rossiya Bank dan partner dekat Presiden Vladimir Putin, yang senang tinggal di Igora Ski Resort.

Pengunjung Igora Drive yang datang kesana nantinya akan bisa melihat, bahwa arena balapan ini memiliki kemiripan tertentu dengan sirkuit MotorLand Aragon. Yang juga dibangun oleh Tilke. Meskipun sirkuit di Rusia ini, relatif datar dengan perbedaan total ketinggian 17 meter per lap.

Presiden FIA Jean Todt pernah mengunjungi lokasi konstruksi pada Desember 2018. Sejak saat itu muncul spekulasi bahwa Sirkuit Igora Drive akan menjadi lokasi yang diperkirakan untuk GP Formula 1 di Rusia.

Namun sejauh ini infrastruktur yang ada di St Petersburg masih terlihat sangat sederhana, dibandingkan dengan lintasan Formula 1 di Sochi yang telah digunakan sejak 2014.

Salah Satu Sirkuit Terpendek

Namun, awalnya Igora memang tidak direncanakan sebagai venue untuk Formula 1 dan MotoGP. Sementara itu, Hermann Tilke sedang mengerjakan perpanjangan tata letak trek sehingga homologasi Grade A untuk Grand Prix dapat dipenuhi.

Berkat ‘ekstensi’, versi balapan masa depan dari sistem ini akan memiliki panjang sekitar 4,6 hingga 4,8 km. Beberapa perubahan lain juga terjadi di zona kecelakaan, yang juga akan diperlukan untuk homologasi MotoGP. Perluasan ini juga akan menguntungkan ajang Kejuaraan Dunia Superbike.

Di Formula 1, Sirkuit Igora Drive sepanjang 4 km akan menjadi trek terpendek kedua setelah sirkuit jalan raya Monte Carlo. Di Kejuaraan Dunia MotoGP itu juga akan menjadi yang terpendek kedua, setelah Sachsenring sepanjang 3,7 km dan The Red Bull Ring yang memiliki panjang 4,018 km.

Berhubung tuan rumah balapan luar Eropa pada 2021 masih dipertanyakan akibat krisis kesehatan, balapan motor pertama di Rusia bisa jadi topik khusus. Kejuaraan Dunia Superbike sudah muncul di Moscow Raceway pada tahun 2012 dan 2013.

Untuk olahraga balap motor ‘Sirkuit Krimea’ di pulau Krimea pernah menjadi bahan diskusi. Tetapi konflik Ukraina dan aneksasi wilayah oleh Rusia telah lama menyelesaikan masalah ini.

This post was last modified on 6 Desember 2020 13:14

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Jack Miller Mengakui Sulit Melawan Acosta, Kaget dengan Gaya Balapnya dan Ingin Belajar dari Rookie MotoGP Itu?

RiderTua.com - Jack Miller mengakui bahwa tidak ada peluang melawan Acosta, pembalap Australia itu terkesan dengan rookie GasGas di Portimao..…

29 Maret 2024

Hyundai Dapat Mengekspor Ioniq 5 N Rakitan Lokal?

RiderTua.com - Dengan Hyundai yang telah meluncurkan Ioniq 5 N di Korea Selatan, model ini akan dihadirkan di negara lainnya.…

29 Maret 2024

Kia EV9 Raih Gelar World Car of the Year Tahun 2024

RiderTua.com - Produk dari Kia sudah tidak bisa diragukan lagi soal kualitasnya. Terlebih dengan model BEV yang dijualnya sejauh ini,…

29 Maret 2024

Hyundai Ioniq 5 Mendapatkan Varian N Lebih Dulu Dari Ioniq 6

RiderTua.com - Hyundai telah meluncurkan Ioniq 5 N sebagai mobil listrik berperforma tinggi pertama dari divisi mobil sport N. Model…

29 Maret 2024

Hyundai Belum Memutuskan Harga Kona EV Terbaru

RiderTua.com - Hyundai Kona Electric generasi terbaru telah dihadirkan di Indonesia, hanya saja harga jualnya tidak ikut diumumkan. Meski mereka…

29 Maret 2024

Honda akan Merilis Lebih Banyak Mobil HEV?

RiderTua.com - Honda baru memiliki dua mobil hybrid yang dijual di Indonesia, yaitu CR-V dan Accord e:HEV. Meskipun dijual dengan…

29 Maret 2024