Knalpot Baru Honda RC213V Bikin Akselerasi Nampol!

0

RiderTua.com – Knalpot (rear exhaust) baru Honda RC213V bikin akselerasi saat keluar tikungan nampol.. Hal pertama yang terlihat pada motor baru 2021 terbaru ini adalah knalpot yang sangat berbeda. Ukuran ujungnya lebih panjang, demikian pula bentuknya berbeda dan telah menghilangkan bagian kecil di mana diameter knalpot mengembang, tepat di bawah buritan motor.

Knalpot Baru Honda RC213V Bikin Akselerasi Nampol

Dalam beberapa musim terakhir, Honda telah memfokuskan pengembangan mesinnya pada sektor power, sehingga dapat mencapai kecepatan tertinggi (top speed) yang bejaban dengan yang dimiliki Ducati. Tapi musim lalu mereka tampaknya menderita akselerasi saat keluar tikungan. Knalpot baru ini diharapkan dapat memengaruhi respons mesin, guna meningkatkan tenaga di kisaran menengah dan memfasilitasi handling motor saat di tikungan. Apakah desain ini akan dipakai di MotoGP 2021, tentunya masih terlalu dini untuk disimpulkan… Honda belum mengkonfirmasi detail dari motor baru tersebut, tunggu di Qatar.

Dari penampakan foto di atas kita bisa melihat dengan jelas seberapa panjang knalpot baru dibandingkan yang lama. Tampaknya pipa ujungnya juga memiliki diameter yang lebih kecil.. Seperti yang kita lihat sebelumnya, knalpot belakang baru memiliki bentuk berbeda di bawah jok. Untuk knalpot di bagian bawah, sebagai tempat keluar gas buang dari dua silinder bagian depan, tampaknya tidak mengalami evolusi, namun tetap mengalami sedikit perubahan /kecil.

Swing arm

Honda juga mencoba swingarm baru pada RC213V versi 2021. Sulit untuk melihat perbedaannya, tetapi jelas disinyalir materialnya baru. Terlihat area pivot swingarm menonjol khususnya di bagian kanan.

Dalam tes pribadi di Jerez, tes rider Honda RC213V Stefan Bradl menunjukkan beberapa evolusi itu seperti sasis, swingarm dan exhaust. Stefan Bradl sudah melakukan dua hari pengujian pribadi minggu lalu di Jerez.

Leave a Reply