Jika Bisa Bicara, Motor M1 Ini Akan Ngomong Apa?

1
Jika Bisa Bicara Motor M1 Ini Akan Ngomong Apa? motogp
Jika Bisa Bicara Motor M1 Ini Akan Ngomong Apa

RiderTua.com – Jika bisa bicara, motor M1 ini akan ngomong apa?..Masih ingat insiden rem blong yang dialami Vinales di MotoGP Styria 2020. Kejadian mengerikan itu berawal dari masalah rem. Dia mengatakan sebelum ‘terjun bebas’ dari motornya, rem M1-nya tidak berfungsi. Diketahui setelahnya bahwa rem yang dipakainya adalah versi standar. Dan yang lebih mengejutkan lagi, ternyata Maverick Vinales menolak saran dari Brembo. Akibatnya Vinales tak lagi memiliki kampas rem (pad) saat mengerem di T-1 karena sudah hancur.

Jika Bisa Bicara Motor M1 Ini Akan Ngomong Apa?

Awalnya Maverick Vinales mengatakan bahwa penyebab terjadinya rem blong pada M1 saat balapan. “Aku tahu kenapa hal itu terjadi, penyebab utamanya adalah sistim pengereman yang kelewat panas,” kata Vinales

Namun justru oleh rekan senegaranya dari tim Suzuki dinilai itu kesalahan Vinales… “Masalah Maverick, jika saya tidak salah, adalah pada balapan terakhir semua pembalap mendapati suhu kampas rem dan kaliper yang sangat panas,” kata Alex Rins.

Brembo membawa rem yang lebih besar untuk balapan ini.”Satu-satunya yang belum memasang bantalan rem baru ini adalah Joan Mir dan Maverick, yang memakai kampas rem konvensional yang lebih kecil.

“Tapi jika Maverick sudah tahu selama beberapa lap bahwa dia kehabisan rem (dan itu sebabnya dia mengangkat tangannya). Adalah normal jika dia masuk pit lebih awal (berhenti). Saya tidak mengerti mengapa dia harus terus balapan. Kami pasti akan membahasnya pada pertemuan Komisi Keamanan berikutnya,” ujar Rins..

Rins-Kenapa Vinales Tetap Balapan dengan Rem Rusak
Jika bisa bicara, motor M1 ini akan ngomong apa?

Belajar dari pengalaman tahun lalu

Belajar dari kejadian tahun lalu Maverick Vinales pastinya tidak akan mengulangi keputusan yang membahayakan dan merugikan ( balapan re-start).. Namun sebenarnya kondisi kalender yang berubah total juga menjadi penyebabnya.. Kondisi motor dan part-nya menjadi tidak sesuai dengan suhu lintasan… Seperti ban dan rem, apalagi mesin yang bekerja di trek panas yang tidak biasanya akan mudah overheat jika ada komponen lain yang tidak sempurna..

Dari peristiwa diatas Maverick Vinales yang dikhianati M1 atau pembalapnya yang kurang perhatian dengan rem motornya..?

1 COMMENT

Leave a Reply