Tikungan 10 ‘Circuit de Catalunya’ Sedang Diperbaiki

0
Pict: NikiKovacs

RiderTua.com – Tikungan 10 Circuit de Catalunya sedang diperbaiki… Para pekerja konstruksi sedang memperbaiki tata letak tikungan 10 sirkuit Catalunya di Montmelo pinggiran kota Barcelona-Spanyol. Sirkuit yang dipergunakan untuk ajang balap bergengsi MotoGP dan Formula 1 ini sedang direnovasi. Bahkan bintang Yamaha MotoGP Valentino Rossi, menjuluki tikungan 10 Catalunya dengan sebutan ‘tempat parkir supermarket’. Rossi tidak menyalahkan Lorenzo yang menyebabkan crash, namun memang tikungan itu tidak cocok untuk balapan. Keluhan pembalap mengenai tikungan 10 ini seharusnya segera berakhir. Karena kini pekerjaan renovasi sedang berlangsung.

Tikungan 10 Circuit de Catalunya Sedang Diperbaiki

Circuit de Barcelona-Catalunya‘ menggelar ajang balap motor pertama kali pada tahun 1992. Sejak saat itu tata letak telah disesuaikan beberapa kali. Tetapi perubahan tersebut tidak mendapat sambutan baik. Bahkan bintang Yamaha MotoGP Valentino Rossi, menjuluki tikungan 10 Catalunya dengan sebutan ‘tempat parkir supermarket’.

Proyek yang dikembangkan bersama antara Federasi Otomotif Dunia (FIA) dengan Federasi Motor Dunia (FIM), saat ini sedang dilaksanakan. Desain ulang tikungan 10 telah dimulai dan akan menyediakan zona run-off yang diperpanjang. Ini berarti akan ada margin keamanan yang lebih besar. Pada saat yang sama, Circuit de Barcelona-Catalunya akan kembali ke tata letak semula seperti yang diumumkan.

“Pekerjaan telah dimulai. Perangkat juga sedang dibuat di sana untuk mengalirkan air hujan dengan lebih baik di masa depan. Pengerjaan dimulai awal bulan dan akan berlanjut sepanjang Januari,” kata seorang operator lintasan.

Awalnya, tikungan 10 dari Montmelo yang kerap disebut ‘La Caixa’, adalah tikungan ke kiri yang panjang. Pasca kecelakaan fatal yang dialami Luis Salom pada tahun 2016, perubahan trek pun dilakukan. Di antaranya, kejuaraan dunia balap motor di tikungan 10 beralih ke trek yang telah digunakan oleh Formula 1 sejak 2004. Yakni belokan kiri tajam dan lebih lambat. Tetapi tikungan itu juga akan dihilangkan.

GP Catalunya 2021 musim ini direncanakan digelar pada 6 Juni.

Leave a Reply