Nissan 400Z Jadi Diproduksi atau Tidak, Sih?

0
Desain Nissan Z Proto

RiderTua.com – Banyak yang penasaran apakah Nissan 400Z tetap jadi diproduksi atau malah digantikan oleh Z Proto. Pasalnya banyak orang menanti hadirnya kembali sportcar legendaris Nissan, tapi yang datang malah versi Z Proto. Nissan 400Z jadi diproduksi dalam waktu dekat setelah gambar patennya bocor duluan. Walau belum jelas kapan mobil ikonik ini bisa diproduksi massal.

Nissan 400Z Jadi Diproduksi Dalam Waktu Dekat

Nama 400Z sempat mencuat beberapa bulan lalu lewat rumor mengenai Nissan yang menyiapkan penerus dari 370Z. Memang model ini sudah cukup berumur dan sudah saatnya untuk berganti ke generasi terbaru yang lebih modern serta lebih kencang. Tapi saat itu belum ada kepastian kabar dari Nissan sendiri.

Tapi semuanya sudah terungkap setelah Nissan mengenalkan Z Proto, yang disebut-sebut sebagai penerus dari 370Z. Mungkin namanya tak terdengar senada seperti modelnya, tapi Z Proto kemungkinan kuat adalah nama konsepnya saja. Jadi Z Proto versi produksi massal nantinya akan dikenal sebagai 400Z.

Nissan 400Z jadi diprooduksi
(autonetmagz.com)

Sportcar Ikonik

Nissan diketahui sudah mematenkan desain 400Z lewat kantor kekayaan intelektual Australia. Dari desainnya memang tak jauh berbeda dengan konsep Z Proto yang pernah ditampilkan sebelumnya. Tampang 400Z menampakkan perpaduan apik antara kesan retro ala mobil Z Series terdahulu dengan konsep modern.

Tapi jika dilihat dari samping, ada sedikit perbedaan dari gambar paten tersebut dengan Z Proto, dimana keyhole alias lubang kunci mobil diposisikan lebih rendah. Tambahan reflektor ‘cat’s eye’ serta sensor parkir di belakang mobil menambah perbedaan model 400Z ini. Secara keseluruhan, tak ada banyak ubahan yang diberikan untuk model produksi massalnya.

Sepertinya memang benar Nissan tetap mempertahankan desain Z Proto, hanya ada sedikit penyesuaian pada modelnya serta namanya. Mobil ini bakal menggendong mesin 3.000 cc V6, sehingga mampu menghasilkan tenaga dan performa lebih dahsyat. Walau mesin ini sebenarnya didapat dari salah satu produk divisi mewah Nissan, Infiniti.

Leave a Reply