Jorge Martin: Saya Berharap Meraih Gelar MotoGP

0

RiderTua.com – Jorge Martin berujar, “Saya berharap meraih gelar juara dunia MotoGP di masa depan”… Jorge Martin adalah peringkat ke-5 dunia Moto2 yang naik ke kelas utama di musim 2021. Di kelas MotoGP dia bergabung di Pramac Racing bersama Johann Zarco. Targetnya terbilang ambisius. Dia yakin akan mampu naik podium.

Jorge Martin: Saya Berharap Meraih Gelar MotoGP

Apakah perpanjangan kontrak dengan perusahaan kacamata dan optik ‘Hawkers’ akan membantu Jorge Martin, untuk mendongkrak performa di tahun debutnya di kelas MotoGP? Saat konferensi pers, pembalap Spanyol itu berbicara tentang penampilannya tahun lalu dan tahun mendatang.

Pertama, Martin puas dengan performanya karena pada 2021 dia akan naik kelas ke MotoGP. Kedua, pada akhir September lalu dia memiliki kepastian bahwa dia memperkuat tim Ducati tahun 2021. Meski dia sempat terinfeksi dan harus absen di beberapa balapan, namun pada saat itu dia sudah 3 kali naik podium. Dan bahkan berhasil memenangkan balapan pertama di Red Bull Ring di Spielberg.

Menanggapi hal itu, Martin mengatakan, “Kegagalan karena terinfeksi merampas kesempatanku untuk bersaing memperebutkan gelar Moto2. Lalu saya terjatuh dan ada masalah mekanis. Tapi saya pikir, saya siap untuk naik ke MotoGP, dan hal ini saya buktikan pada performa saya di kelas Moto2. Saya merasa nyaman dan saya tahu bahwa saya memiliki level yang harus dipertahankan.”

Tentu saja, dia kesal karena dia gagal mendapatkan ‘mahkota’nya di kelas menengah. Pembalap asal spanyol itu berkata, “Akan menyenangkan jika saya menang di seri Moto2 setelah Kejuaraan Dunia Moto3. Tapi saya kompetitif dan itu tidak mudah. Saya berharap bisa juara dunia MotoGP di masa depan.”

Pembalap Moto2 yang Beruntung

Kelas balap MotoGP musim 2020 bisa dikatakan sangat seimbang. Ada 9 pemenang berbeda. Menemukan hal serupa di lain waktu, tidaklah mudah. Martin melanjutkan, “Saya benar-benar tidak tahu, mengapa Moto2 selalu diremehkan karena ini kategori yang rumit.”

“Moto3 memiliki banyak pembalap muda berbakat dan bercita-cita tinggi. Sedangkan Moto2, adalah kategori yang memiliki pembalap berpengalaman yang telah balapan selama bertahun-tahun. Namun meskipun mereka memiliki banyak pengalaman, mereka tidak memiliki banyak kesempatan untuk naik kelas. Bahkan jika mereka sudah melakukannya dengan baik.”

Target Ambisius

Pada 2021, Martin akan berkendara bersama Johann Zarco yang sarat pengalaman. Target Martin cukup ambisius, “Semua pembalap di MotoGP benar-benar bagus, jadi saya tidak heran jika tiba-tiba seseorang melakukannya dengan baik. Seperti Brad Binder atau Alex Marquez, misalnya. Yang memulai debutnya dengan cukup mengesankan. Mereka juga berhasil naik podium pada tahun 2020.”

“Hal itu menunjukkan kepada saya, bahwa saya juga bisa membidiknya. Saya pernah melawan mereka di masa lalu. Jadi jika saya melakukan segalanya dengan benar, saya pikir saya bisa mencapai level itu. Fakta bahwa para pemula bisa naik podium sangat memotivasi saya.”

Di 2021, Martin tidak hanya menantikan penampilan di tahun pertamanya di kelas premier. Dia juga mempromosikan kacamata ‘limited edition’ ke pasar bersama rekannya. Penjualan produk tersebut (yang dirancang oleh Jorge Martin beserta nomor start 89), akan mulai dijual pada pertengahan 2021.

Leave a Reply