Categories: MotoGP

Dilarang Tes Motor, Meski Petrucci Ingin Sekali Menjajal RC16

RiderTua.com – Akibat hilangnya hak konsesi KTM, Danilo Petrucci dilarang tes motor KTM tahun lalu (November – Desember).. Meski Petrucci ingin sekali menjajal RC16, motor barunya.. “Saya ingin sekali menjajal RC16,” katanya… Untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun, tes musim dingin gagal digelar pada November 2020. Itulah alasan, kenapa pembalap MotoGP pendatang baru KTM itu harus menunggu debut KTM-nya hingga tes Sepang nanti.

Dilarang Tes Motor, Meski Petrucci Ingin Sekali Menjajal RC16

Untuk pertama kalinya, Danilo Petrucci mengikuti reli motor yang digelar di Sardinia pada bulan Desember lalu. Meski demikian, dia memperoleh hasil yang memuaskan. Dia langsung memenangkan etape pertama.

Danilo Petrucci Ingin Sekali Menjajal RC16

Uniknya, dia harus selalu menyamarkan merek motor off-road yang dipakainya itu. Pembalap MotoGP berusia 30 tahun itu menyamarkan motor KTM 450 SX-F yang dibelinya, dengan warna merah ala Ducati. Yang lebih ektrim lagi, dia bahkan menempelkan logo Ducati di tangki motor tersebut, jian ora duwe wedi!

Sejak 1 Januari 2021, Petrucci terikat kontrak dengan KTM. Betapa bahagianya dia saat ini, karena dia bisa memamerkan KTM motorcross bertenaga 63 hp miliknya, bahkan dalam desain aslinya.

Bocoran nih, pada 2020 lalu, Petrucci pernah berlatih 1 kali di Malagrotta dekat Roma, bersama dengan juara dunia motorcross 9 kali Tony Cairoli. Cairoli merupakan ikon Red Bull-KTM yang memburu gelar juara dunia sekali lagi pada usia 35 tahun.

Belum Boleh Menunggangi Motor KTM

Danilo Petrucci tentu saja menyayangkan, karena sebagai pembalap pendatang baru KTM, dia tidak pernah diizinkan untuk mengendarai MotoGP-RC16 di lintasan balap. Tes musim dingin yang biasa dilakukan pada November di Valencia dan Jerez, juga dibatalkan karena wabah.

“Sangat disesalkan. Pada bulan Desember, Dani Pedrosa berada di Jerez untuk melakukan tes. Sebenarnya tes ini akan sangat berguna untuk saya. Tapi KTM kehilangan hak konsesi karena pencapaian bagus di 2020. Jadi saya tidak diizinkan untuk menjajal motor,” sesal pembalap asal Italia itu.

“Tapi hasil ini juga menunjukkan, bahwa motor sangat kompetitif dan KTM telah menunjukkan dengan jelas. Jadi saya tidak bisa mengendarai KTM sampai tes Sepang pada pertengahan Februari. Kami hanya punya waktu selama 6 hari untuk melakukan tes, sebelum balapan pertama di Qatar. Otomatis, kami memiliki banyak pekerjaan yang harus dikerjakan.”

“Tapi Race Manager Mike Leitner mengatakan kepada saya, bahwa motor KTM sekarang memiliki basis yang bagus, terutama berkat kerja keras tes rider Dani Pedrosa. Motor sekarang dapat dikendarai dengan cepat, menggunakan gaya membalap yang berbeda. Misalnya, saya tidak harus mengerem dengan keras atau menambah kecepatan dengan pelan. Itulah mengapa, ‘rookie’ Binder dan Lecuona tampil oke di tahun 2020.”

Danilo Petrucci Ingin Sekali Menjajal RC16

Beruntung Terdepak Ducati di Awal Musim

Petrucci merasa beruntung dengan keputusan direktur balapan Ducati, Gigi Dall’Igna yang mendepaknya bahkan sebelum bergulirnya balapan musim 2020. Jadi dia bisa mencari tim baru sejak awal. Dan Tech3-KTM adalah pelabuhan baru buat pembalap berusia 30 tahun itu.

Tapi Petrux juga harus berterima kasih kepada Pol Espargaro dan Jorge Martin. Kenapa? Karena Pol mengumumkan kepindahannya ke Repsol-Honda pada akhir Mei. Sementara pada saat yang bersamaan, jagoan Moto2 Jorge Martin menukar kesepakatan KTM MotoGP-nya dengan kontrak Pramac Ducati. Dan itu tampak lebih menjanjikan baginya.

“Ya, saya berterima kasih kepada Pol. Jadi, setelah saya bertemu dengannya di GP Jerez, saya langsung menjabat tangannya dengan ramah. Jika Pol tidak pindah, tentu akan lebih sulit bagi saya untuk menemukan tempat di tim teratas. Namun sepanjang hidup saya, pintu selalu terbuka pada waktu yang tepat untukku,” ujarnya sambil tersenyum.

This post was last modified on 6 Januari 2021 05:34

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

CEO Ducati : Performa Marc Marquez Tidak Bisa Disamakan dengan Pembalap GP24

RiderTua.com - Marc Marquez mengukuhkan dirinya sebagai pembalap GP23 tercepat pada 3 seri pertama MotoGP musim 2024. CEO Ducati Claudio…

25 April 2024

Neta Memulai Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Akhirnya Neta dapat memulai perakitan mobil listriknya di Indonesia setelah memulai penjualannya sejak tahun lalu. Walau mereka baru…

25 April 2024

Citroen e-C3 Siap Diproduksi di Indonesia!

RiderTua.com - Walau Citroen mengimpor seluruh mobilnya dari luar negeri, modelnya dapat dijual dengan harga cukup terjangkau. Tentunya dengan kualitasnya…

25 April 2024

Aleix Espargaro : Fabio Quartararo Bertahan di Yamaha Bukan Hanya Karena Uang

RiderTua.com - Fabio Quartararo memilih tetap bertahan dengan Yamaha meski performa M1 sangat mengecewakannya. Aleix Espargaro ikut mengomentari hal ini, pembalap…

25 April 2024

Penjualan Mobil Listrik Ditargetkan Bisa Mencapai 17 Juta Unit?

RiderTua.com - Sejauh ini penjualan mobil listrik di seluruh dunia masih cukup bagus, walau dengan adanya penurunan tren di Eropa…

25 April 2024

Citroen C3 Aircross akan Dikirim ke Konsumen Bulan Depan

RiderTua.com - Citroen kini menghadirkan varian baru lainnya dari C3 di Indonesia, yaitu Aircross. Layaknya C5 Aircross yang sebelumnya dirilis,…

25 April 2024