13 Tahun Jadi Mobil Terlaris, Avanza Kini Dikalahkan Brio

0
Toyota masih menguasai pasar

RiderTua.com – Mungkin tak ada yang menyangka kalau sudah 13 tahun Avanza jadi mobil terlaris di Indonesia. Mungkin banyak yang menganggap takkan ada yang bisa mengalahkan dominasi LMPV ini. Setelah 13 tahun jadi mobil terlaris, Avanza dikalahkan oleh Honda Brio dan Suzuki Carry pada tahun 2020. Terbukti dengan hasil penjualannya yang mengungguli mobil ‘sejuta umat’ tersebut.

13 Tahun Jadi Mobil Terlaris, Dikalahkan Brio dan Carry

Selama lebih dari satu dekade, Avanza mempertahankan gelar mobil terlaris di Indonesia hingga 13 kali berturut-turut. Tapi sepertinya ‘winstreak’ tersebut berhasil dipatahkan oleh Honda Brio dan Suzuki Carry. Sehingga gelar mobil terlaris tahun 2020 sudah beralih dan menjadi milik Brio.

Mungkin itu bukanlah sesuatu yang mengejutkan, karena Avanza pernah diprediksi takkan menjadi mobil terlaris pada tahun itu. Kondisi pasar yang belum sepenuhnya memulih memberikan dampak besar pada hasil penjualan LMPV ini, termasuk semua produk roda empat lainnya. Namun perkembangan segmen LCGC dan mobil niaga yang sangat pesat menjadi faktor kenapa Brio dan Carry mampu ungguli Avanza.

13 Tahun jadi mobil terlaris

Hasil Mengungguli Jauh

Brio mencatatkan hasil sebanyak 36.512 unit dan Carry 33.407 unit dari data penjualan mobil oleh Gaikindo. Sementara Avanza hanya 31.883 unit, selisihnya cukup jauh dari Brio maupun Carry. Sehingga dengan ini gelar mobil terlaris tahun 2020 sudah berpindah pada Brio, meski Avanza tetap masuk ke dalam ‘Top 3’.

Penjualan ketiganya selama tahun kemarin memang tak begitu stabil karena hasilnya sering naik-turun. Contohnya Brio, yang meskipun sanggup menjadi mobil terlaris di Tanah Air tahun 2020, tapi hasilnya sempat menurun di bulan-bulan terakhir tahun lalu. Sebaliknya Avanza malah naik terus pada pengujung tahun 2020, namun itu tak cukup untuk membawanya sebagai model terlaris.

Sepertinya Avanza harus rela gelar mobil terlarisnya kini tak lagi menjadi miliknya pada tahun 2020. Tapi tetap saja itu bukan akhir dari segalanya, karena pada tahun ini Avanza dipastikan akan ‘membalas dendam’ pada Brio. Karena pemulihan penjualan secara signifikan diprediksi akan terjadi pada 2021 ini.

Leave a Reply