Mobil Bensin dan Diesel akan Distop Penjualannya di Eropa?

Penjualan mobil bensin dihentikan

RiderTua.com – Saat ini mobil bensin dan diesel masih berkeliaran di seluruh dunia walau sudah ada varian ramah lingkungannya. Tapi semua itu takkan bertahan cukup lama seiring dengan bertambahnya model EV hingga hybrid di pasar. Rencananya mobil bensin dan diesel akan dihentikan penjualannya oleh Honda Eropa mulai tahun 2022 mendatang. Artinya mereka punya waktu cukup sedikit untuk mempersiapkan segalanya.

Mobil Bensin dan Diesel Dihentikan Penjualannya Oleh Honda Eropa

Benua Eropa akan menjadi wilayah pertama di dunia yang akan menerapkan larangan berjualan mobil konvensional, yang terdiri dari bensin serta diesel. Otomatis semua produsen yang berjualan disana harus memiliki produk ramah lingkungannya sendiri. Kalau masih ada yang nekat berjualan, maka mobil akan dikenakan pajak cukup besar ketimbang mobil ramah lingkungan.

Semua produsen otomotif tentu menyambut baik keputusan ini, tak terkecuali Honda. Merek asal Jepang tersebut akan mengikuti aturan yang ada, dengan menghentikan penjualan produk konvensional yang dimilikinya. Itu baru bisa dilakukan pada akhir tahun 2022 di Eropa, khususnya di Inggris.

Mobil bensin dan diesel
(Foto: Motoris.ID)

Fokus Jualan EV

Rencana ini ada kaitannya dengan wacana pelarangan penjualan mobil diesel dan bensin di Inggris mulai tahun 2030. Memang masih cukup lama untuk menerapkannya disana, tapi entah mengapa Honda langsung mempercepatnya. Seakan mereka mau mencuri start dari produsen lainnya untuk berjualan produk ramah lingkungan.

Hanya saja Honda tak langsung menuju ke segmen mobil listrik atau EV, melainkan segmen hybrid dan PHEV. Mereka melihat segmen ini sebagai transisi ke EV, terlebih untuk beralih langsung ke situ akan memakan biaya cukup besar. Sehingga dengan cara ini Honda Eropa bisa pelan-pelan beradaptasi dengan produk mobil listrik.

Kalau secara global mungkin masih terlalu dini untuk melakukannya, mengingat insentif khusus kendaraan ramah lingkungan belum diterapkan sepenuhnya. Indonesia misalnya, dimana aturan tersebut belum disahkan sampai sekarang, meski sudah ada produsen yang berjualan model EV. Honda masih menunggu momen yang tepat untuk melancarkan rencana elektrifikasi mobilnya secara global.

Be the first to comment

Leave a Reply