Categories: MotoGP

Chicane Baru untuk Meredam Tikungan Horor Spielberg

RiderTua.com – Chicane baru akan dibuat untuk meredam tikungan horor Spielberg… Sejauh ini, belum ada kesepakatan yang dicapai mengenai perubahan trek di area ‘horor’ Tikungan 2 di Spielberg. Makanya ada solusi darurat untuk MotoGP musim 2021. Chicane adalah tikungan rapat yang bertujuan untuk memperlambat laju motor. Dan seringkali berada tepat sebelum tikungan berkecepatan tinggi.

Chicane Baru untuk Meredam Tikungan Horor Spielberg

Manuver menyalip yang ceroboh dan berujung gagal total, terjadi di Tikungan 2 Red Bull Ring di GP Austria, pada 16 Agustus 2020. Hal ini kemudian memicu diskusi panas. Sejak itu, para pembalap MotoGP telah membahas, bagaimana lintasan berkecepatan 310 km/jam ini bisa dijinakkan.

Ide dan opini yang berkembang pun berbeda. Pada Agustus lalu, petugas keselamatan Franco Uncini dan Loris Capirossi, menyarankan agar area tersebut diluruskan sepenuhnya hingga Tikungan 3. Namun ide ini tidak diterima dengan baik oleh para pembalap.

Chicane Baru untuk Meredam Tikungan Horor Spielberg

Satu hal yang jelas, di masa yang akan datang, motor seperti punya Zarco dan Morbidelli harus dicegah untuk terbang seperti ketapel, hingga ke garis ideal di Tikungan 3. Rossi hanya ‘miss’ beberapa sentimeter dari motor Morbidelli.

Kecelakaan itu terjadi karena Johann Zarco mengendarai terlalu jauh ke sisi dalam ke kiri pada titik ini. Dan kemudian menabrak roda belakang Morbidelli karena gaya sentrifugal. Pembalap asal Prancis itu berjuang untuk tempat di tim pabrikan Ducati, dan sangat membutuhkan hasil teratas. Dia dihukum karena manuver ini, dengan start dari pit lane dan ‘dimarah’ oleh beberapa rekannya.

Freddie Spencer Ralph Bonhorst

Solusi sementara

Solusi sementara dan darurat masih diterapkan untuk 2021 seperti MotoGP seri kedua di Spielberg, empat hari setelah kecelakaan dahsyat pada Kamis (sebelum sesi latihan pertama). Di mana dinding batas lebar sepanjang 12 meter, dibangun dengan balok beton di sebelah kanan jalur di atas gravel kerikil yang mampu menghentikan laju 315 km/jam di tikungan 2. Dilindungi oleh dua baris ban mobil dan satu blok udara, ditambah dipasang juga pagar pengaman.

“Itu adalah tindakan darurat, kami harus mencari solusi yang lebih baik untuk masa depan,” kata Safety Officer MotoGP Franco Uncini. Solusi sementara ini harus dipakai pada tahun 2021. Masih dalam percakapan, apakah chicane baru akan dipasang pada tahun 2022?

Mengurangi Masalah Stabilitas

Pemasangan chicane baru biasanya memakan waktu 6 hingga 8 minggu. Dengan pekerjaan persiapan yang baik dan menghabiskan biaya sekitar 250.000 euro (4,3 Miliar rupiah).

Dan itu untuk musim 2022 karena kini masih dalam pertimbangan, bagaimana chicane baru ini dapat dirancang dari lintasan sebelumnya, di tikungan 2 ke kiri ke arah tribun. Tujuannya bukan untuk membuat chicane yang rumit, melainkan chicane yang tidak menghilangkan karakter trek MotoGP tercepat itu sendiri, di mana rata-rata bisa dipacu pada speed 187,2 km/jam.

This post was last modified on 4 Desember 2020 07:26

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

CEO Ducati : Performa Marc Marquez Tidak Bisa Disamakan dengan Pembalap GP24

RiderTua.com - Marc Marquez mengukuhkan dirinya sebagai pembalap GP23 tercepat pada 3 seri pertama MotoGP musim 2024. CEO Ducati Claudio…

25 April 2024

Neta Memulai Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Akhirnya Neta dapat memulai perakitan mobil listriknya di Indonesia setelah memulai penjualannya sejak tahun lalu. Walau mereka baru…

25 April 2024

Citroen e-C3 Siap Diproduksi di Indonesia!

RiderTua.com - Walau Citroen mengimpor seluruh mobilnya dari luar negeri, modelnya dapat dijual dengan harga cukup terjangkau. Tentunya dengan kualitasnya…

25 April 2024

Aleix Espargaro : Fabio Quartararo Bertahan di Yamaha Bukan Hanya Karena Uang

RiderTua.com - Fabio Quartararo memilih tetap bertahan dengan Yamaha meski performa M1 sangat mengecewakannya. Aleix Espargaro ikut mengomentari hal ini, pembalap…

25 April 2024

Penjualan Mobil Listrik Ditargetkan Bisa Mencapai 17 Juta Unit?

RiderTua.com - Sejauh ini penjualan mobil listrik di seluruh dunia masih cukup bagus, walau dengan adanya penurunan tren di Eropa…

25 April 2024

Citroen C3 Aircross akan Dikirim ke Konsumen Bulan Depan

RiderTua.com - Citroen kini menghadirkan varian baru lainnya dari C3 di Indonesia, yaitu Aircross. Layaknya C5 Aircross yang sebelumnya dirilis,…

25 April 2024