Igora Drive Circuit untuk MotoGP Rusia

Igora Drive Circuit untuk MotoGP Rusia

RiderTua.com – Sirkuit alternatif Igora Drive Circuit untuk MotoGP Rusia… Dorna sudah mengincar gelaran balap di Rusia sebagai alternatif. Sirkuit Igora Drive dekat St.Peterburg tercatat sebagai sirkuit cadangan untuk MotoGP musim 2021.

Igora Drive Circuit untuk MotoGP Rusia

Promotor Kejuaraan Dunia Dorna berharap, balapan akan kembali normal di tahun mendatang. Itulah sebabnya kalender sementara Kejuaraan Dunia Balap Motor 2021, didasarkan pada jadwal biasa. 20 seri balapan MotoGP yang direncanakan seperti sebelum musim 2020. Tentu saja termasuk balapan di luar Eropa. Selain itu, tiga sirkuit alternatif juga sudah tersedia jika suatu balapan harus dibatalkan, termasuk Sirkuit Drive Igora di Rusia.

“Franco Uncini (FIM) pergi ke Igora Drive untuk melihat sirkuit, ini adalah lokasi yang sangat fantastis,” kata CEO Dorna Carmelo Ezpeleta.

“Kami sedang mempertimbangkan untuk menambahkannya ke kalender. Saat ini kami memiliki 20 seri balapan. Itulah mengapa tidak memungkinkan, tetapi jika salah satunya tidak dapat diselenggarakan, kami akan mencoba menggunakan Igora Drive sebagai sirkuit cadangan kedua setelah Portimao.”

Igora Drive terletak sekitar 54 km sebelah utara St. Petersburg. Dimana sirkuit juga diperdebatkan untuk Kejuaraan Dunia Superbike. Sayang, sirkuit ini hilang dalam kalender untuk tahun 2021. Baru-baru ini, Kejuaraan Dunia seri terakhir berlangsung di Rusia pada tahun 2012 dan 2013. Pada saat itu diselenggarakan di Moscow Raceway.

Sekilas Tentang Igora Drive Circuit

Sirkuit ini berbatasan langsung dengan resor liburan besar yang mencakup antara lain, lintasan motorcross, lintasan relicross, medan untuk SUV, pusat pelatihan keselamatan pengemudi, dan lintasan kart.

Lintasan balap sepanjang 4.086 km ini, dirancang oleh desainer lintasan terkenal dunia Hermann Tilke. Sirkuit ini memiliki 8 tikungan kiri dan 6 ke kanan.

Pekerjaan konstruksi yang dimulai pada tahun 2016 selesai pada bulan September tahun 2017. Menurut media lokal Rusia ‘Business Petersburg’, biaya pembangunan Sirkuit Igora Drive ini sekitar 11 miliar rubel (sekitar 120 juta euro). Sirkuit tersebut baru-baru ini mendapatkan homologasi FIA Grade 1, yang merupakan persyaratan untuk Formula 1.

Pada upacara pembukaan pada Oktober 2019, gubernur St.Petersburg Alexander Beglov, dan Alexander Drozdenko gubernur wilayah Leningrad, serta banyak jurnalis dari Rusia dan negara tetangga Finlandia juga hadir.

Be the first to comment

Leave a Reply