Honda Umumkan Recall Mobil, Masalah Airbag Lagi?

0

RiderTua.com – Lagi-lagi Honda umumkan recall mobil di Malaysia, dan berdampak pada Accord dan CR-V lawas. Hanya saja bukan karena masalah fuel pump seperti dulu, melainkan masih ada kaitannya dengan airbag Takata. Honda umumkan recall mobil karena masalah airbag lagi untuk menyelesaikan tugasnya. Terlebih masih ada sejumlah unit lawas yang memakai fitur keselamatan yang diduga cacat produksi ini.

Honda Umumkan Recall Mobil Karena Masalah Airbag

Tapi tenang saja, unit yang ditarik bukan model yang sekarang, melainkan model lawas. Lebih tepatnya Accord tahun produksi 1999 atau model generasi keenam, serta CR-V generasi pertama tahun 2000. Meskipun sudah jarang ditemukan, nyatanya masih ada konsumen yang memiliki model lawas kedua mobil tersebut.

Honda sudah was-was sejak airbag Takata ditemukan bermasalah, dan menyebabkan insiden fatal. Parahnya lagi, mayoritas produknya dari model paling lawas sampai terkini juga ikut kena dampaknya, Tentu Honda memiliki banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, terlebih setelah melakukan recall akibat fuel pump sebelumnya.

Honda umumkan recall mobil
(Foto: Otomotif Kompas)

Bukan Pertama Kalinya

Entah kapan Accord dan CR-V akan di-recall di Malaysia, karena sejauh ini Honda belum memulainya. Tapi tetap saja mereka akan mengumumkannya kepada pemilik mobil juka sudah waktunya. Para pemilik yang merasa mobilnya masuk dalam daftar tersebut bisa segera memperbaikinya di dealer Honda terdekat dan tak dipungut biaya apapun.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ini bukan pertama kalinya Honda mengumumkan recall terhadap produknya. Jauh sebelumnya mereka pernah melakukan penarikan besar-besaran setelah airbag Takata terbukti cukup membahayakan karena cacat produksi. Tak hanya di Malaysia dan Indonesia saja, tetapi di seluruh dunia, dan juga dialami oleh produsen mobil lainnya.

Kemudian masalah fuel pump masih menghantui sejumlah produk mobil Honda, dimana unitnya sudah di-recall di sejumlah negara tak terkecuali Indonesia. Agaknya kali ini Honda akan berusaha untuk menyelesaikan semua masalah tersebut. Meskipun pada tahun ini agak sulit untuk bisa melakukannya.

Leave a Reply