Mazda Mulai Gandeng Toyota, Mau Apa Lagi?

RiderTua.com – Tiba-tiba saja Mazda mulai gandeng Toyota untuk menggarap sebuah ‘proyek’ baru. Mungkin kedengarannya aneh, karena keduanya cenderung bersaing sangat ketat baik di Jepang maupun di pasar internasional. Mazda mulai gandeng Toyota untuk meminjam teknologi hybrid yang dimiliki produsen tersebut. Teknologi ini rencananya akan dipakaikan pada mobil terbarunya yang berjenis crossover.

Mazda Mulai Gandeng Toyota Untuk Teknologi Hybrid

Diketahui Mazda kini tengah menyusun strategi untuk ‘meningkatkan nilai mereknya’ dengan cara mengembangkan teknologi mobil baru. Selain mesin enam silinder yang bertenaga super, mereka juga akan mengembangkan mobil terbaru berjenis crossover. Sepertinya Mazda sudah mulai mengikuti tren SUV dan crossover yang tengah berkembang pesat.

Crossover tersebut akan menggunakan tenaga hybrid, tapi anehnya Mazda tak memakai teknologinya sendiri. Malahan mereka melakukan kerja sama dengan Toyota, sehingga keduanya bisa saling berbagi teknologi mobil satu sama lain. Disinilah Mazda ingin ‘meminjam’ Toyota Hybrid System (THS) untuk dipakaikan pada crossover-nya.

Mazda mulai gandeng Toyota
logo toyota mazda

Kerja Sama

Sebenarnya kerja sama antara Mazda dan Toyota sudah lama dilakukan sejak tahun 2017 lalu, tapi baru pada tahun ini keduanya mempereratnya. Teknologi THS ini akan diterapkan Mazda untuk crossover terbarunya, dan akan hadir di sejumlah negara. Mereka ingin membawanya ke negara tetangga, tapi mereka masih belum yakin bisa melakukannya.

Mobil baru Mazda ini rencananya akan diproduksi mulai tahun depan di pabrik Mazda-Toyota yang berlokasi di Huntsville, Alabama, Amerika Serikat. Pabrik ini memiliki kapasitas produksi sebesar 300 ribu unit, dan crossover Mazda akan kebagian 150 ribu unit. Sisanya akan ‘dibagikan’ ke sedan Toyota Corolla.

Selain teknologi hybrid dan mesin 6 silinder, Mazda masih punya banyak rencana lain untuk ke depannya. Seperti teknologi elektrifikasi ganda yang dipadu dengan mesin boxer, sehingga mirip mesinnya MX-30 Miata. Kedengarannya itu akan menjadi sebuah inovasi menarik untuk produk-produk Mazda ke depannya.

Be the first to comment

Leave a Reply