Tombol Transmisi Mobil Hyundai, Lebih Amankah?

Penjualan mobil ramah lingkungan

RiderTua.com – Mungkin banyak yang menyadari ada tombol transmisi pada mobil baru Hyundai, Kona EV dan Ioniq. Tentu ini kedengarannya aneh, karena biasanya mobil memiliki tuas transmisi, tapi apa yang dilakukan Hyundai tentu tak biasa. Tombol transmisi mobil Hyundai disebut lebih aman dan efisien. Meskipun mereka tahu kalau jenis transmisi ini belum banyak dihadirkan di Tanah Air.

Tombol Transmisi Mobil Hyundai Lebih Aman dan Efisien

Baik Kona EV maupun Ioniq memiliki satu fitur yang mungkin masih terdengar asing di Indonesia, yaitu button-type shift-by-wire, atau lebih jelasnya sebagai tombol transmisi. Cara kerjanya masih mirip dengan tuas transmisi pada mobil biasa, hanya saja dengan pengaturannya yang berbeda. Ada empat tombol yang disedikan, terdiri dari N (Neutral), P (Parking), D (Drive), dan R (Rear).

Kelihatannya tombol transmisi ini terlihat lebih simpel dan ringkas dari bentuk tuas yang mungkin bisa cukup menganggu bagi pengemudi. Namun banyak yang khawatir kalau jika sewaktu-waktu tombol tersebut bisa tertekan tanpa sengaja. Menanggapi kekhawatiran ini, Hyundai memastikan kalau fitur ini aman untuk dioperasikan.

Tombol transmisi mobil Hyundai

Ada Sistem Khusus

Tombol transmisi ini sudah dilengkapi dengan tambahan sistem keamanan khusus. Sistem tersebut bisa mendeteksi jika ada satu tombol yang tertekan ketika mode yang sudah dipencet masih aktif, sehingga memberikan peringatan bagi pengemudi. Peringatan tersebut menampilkan pemberitahuan kalau perpindahan transmisi tak bisa terpenuhi jika mode lainnya sedang aktif.

Sebenarnya bagi mobil listrik seperti Ioniq dan Kona EV memang tak membutuhkan transmisi multi gigi. Jadi wajar saja kalau menemukan transmisi model seperti ini, dan mungkin itu juga berlaku bagi sebagian mobil listrik yang dijual di luar negeri. Tentu ini akan memberikan kemudahan bagi penggunanya, dan tak serepot mobil konvensional.

Dengan adanya fitur tombol transmisi ini, maka Ioniq dan Kona EV akan menjadi lebih unggul di pasar roda empat Indonesia. Sepertinya inilah yang membuat Hyundai makin pede berjualan mobil listrik di Tanah Air. Karena kedua model ini memiliki banyak fitur yang cukup canggih dan tak biasa.

Be the first to comment

Leave a Reply