Aleix Espargaro Kena Sanksi: Terdegradasi 3 Posisi

Aleix Espargaro: Johann Zarco Tidak Peduli dengan Orang Lain
Aleix Espargaro: Johann Zarco Tidak Peduli dengan Orang Lain

RiderTua.com – Aleix Espargaro kena sanksi: Terdegradasi 3 posisi di grid atau turun dari baris kedua ke baris ketiga.. Pembalap Spanyol tim Aprlia ini mendapat sanksi dari Panel FIM MotoGP karena tidak menghiraukan bendera biru di Q2 (Kualifikasi) kemarin. Dia akan start dari posisi ke-9 di grid hari ini.

Aleix Espargaro Kena Sanksi: Terdegradasi 3 Posisi di Grid

Aleix Espargaro mendapatkan salah satu posisi start terbaik MotoGP musim ini, start dari P-6 di grid. Tetapi setelah sesi pemanasan (Warm-up), Panel Stewards FIM mengumumkan bahwa dia harus turun tiga tempat karena tidak menghiraukan bendera biru selama Q2 kemarin.

Menurut keterangan resmi yang dirilis FIM, pembalap Aprilia itu keluar dari pitlane dan memasuki lintasan tanpa menghiraukan adanya bendera biru, yang menandakan adanya kedatangan pembalap lain di garis finis. Akibatnya dia memperlambat catatan waktu pembalap lain yang bertentangan dengan aturan pasal 1.21.2 MotoGP, yang menyatakan bahwa “Pembalap harus berkendara secara bertanggung jawab tanpa menimbulkan bahaya bagi pesaing lain, baik di lintasan maupun di pitlane“.

Untuk alasan ini, Panel yang diketuai oleh Freddie Spencer menjatuhkan penalti kepada Aleix Espargaro yang membuatnya terdegradasi dari baris kedua ke baris ketiga. Dengan kondisi ini, Jack Miller, Miguel Oliveira dan Franco Morbidelli mendapat keuntungan (bukan hibah) dan mendapatkan kenaikan posisi. Aprilia berhak mengajukan banding atas sanksi ini dalam jangka waktu maksimal 30 menit sejak diberitahukan.

Aleix Espargaro Kena Sanksi: Terdegradasi 3 Posisi di Grid

Kabar buruk bagi pembalap Aprilia yang pernah berujar ingin mengalahkan sang adik Pol sejak lap pertama. Musim MotoGP yang berat untuk Aprilia, dengan ditandai pembatasan bagi Andrea Iannone.. “Kami tidak mencapai tujuan kami. Saya ingin mekanik bisa lebih banyak tertawa. Saya juga harus lebih bahagia untuk tampil baik. Kemudian kita semua akan bersenang-senang,” kata Aleix Espargaro setelah kualifikasi..

Be the first to comment

Leave a Reply