Skutik Honda Forza 750 Diluncurkan, Lebih Canggih!

RiderTua.com – Setelah sekian lama, akhirnya skutik Honda Forza 750 resmi diluncurkan oleh Honda Motorcycle Europe. Dengan hadirnya varian baru ini, maka line-up produk Forza semakin beragam, dan versi 750 ini adalah varian yang bisa dikatakan sebagai ‘medium high’. Karena skutik Honda Forza 750 ini menawarkan fitur lebih canggih dari Forza bermesin kecil. Selain itu, mesinnya sudah memenuhi standar emisi Euro 5.

Skutik Honda Forza 750 Menawarkan Fitur Canggih

Dari modelnya, Forza 750 nampak lebih gagah jika dibandingkan dengan versi 250 yang lebih simpel. Seakan Forza 750 memiliki kesan sporty dengan guratan di sekitar jok serta bagian samping mesinnya tak tertutup lagi. Perbedaan lainnya dengan versi 250 yaitu desain spoke wheel terbaru yang menambah kesan tersebut.

Tentu kesan sporty sengaja dihadirkan pada Forza 750, sehingga tak heran kalau Honda menyebutnya sebagai ‘skutik bergenre grand touring atau GT’. Motor gede ini ditopang dengan rangka baja tubular dan frame ‘diamond steel’. Swingarm aluminium serta kaliper rem empat piston radial menjadi tambahan lainnya untuk mendukung performa Forza.

Skutik Honda Forza 750

Mode Berkendara

Soal performa, Forza 750 dibekali dengan mesin 745 cc 2 silinder SOHC berpendingin cairan. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 43,1 kW serta torsi 69 Nm, dan ini sudah dirasa cukup untuk skutik bermesin 750 cc. Kapasitas tangki bensinnya mencapai 13,2 liter, dan dengan teknologi PGM-FI electronic fuel injection, konsumsi bahan bakarnya hanya mencapai 3,6 liter/100 km.

Forza 750 memiliki sejumlah fitur canggih, dari throttle by wire, Honda selectable torque control (HSTC), sampai mode berkendara. Mode yang disediakan ada 4 macam, yaitu standard, sport, rain, dan custom. Keempat mode ini bisa mempermudah pengendara untuk menyesuaikan gaya berkendara di jalan dalam situasi tertentu.

Selain mode berkendara, Forza yang satu ini sudah menyediakan fitur canggih lainnya. Fitur ini dapat menghubungkan smartphone dan kontrol suara dengan headset kanan lewat panel instrumen TFT. Harga resminya belum diumumkan, tapi perkiraannya skutik ini akan dibanderol sekitar Rp 172,8 juta. Sepertinya Forza 750 hanya dijual di Eropa saja, belum jelas apakah nantinya motor ini akan hadir di beberapa negara di luar ‘Benua Biru’.

Be the first to comment

Leave a Reply