Categories: MotoGP

Dovizioso Bisa Ancam Karir Stefan Bradl di Honda

RiderTua.com – Dovizioso bisa ancam karir Stefan Bradl di Honda… Pembalap penguji MotoGP Honda itu masih berharap Honda akan memperpanjang kontraknya. Tapi Andrea Dovizioso dikabarkan sedang mengadakan pembicaraan dengan tim asal Jepang itu. Apakah masa depan Bradl terancam?

Dovizioso Bisa Ancam Karir Stefan Bradl di Honda

MotoGP Aragon akhir pekan ini, adalah kali ke-7 bagi Stefan Bradl menjadi pembalap pengganti yang menggantikan Marc Marquez yang sedang cedera. Dia pernah meraih finis ke-4 bersama LCR Honda pada 2014 silam di Motorland Aragon. Torehannya ini akan menjadi modal penting baginya untuk bisa bersaing di pertempuran akhir pekan ini.

Dovizioso Bisa Ancam Karir Stefan Bradl di Honda

Tahun ini performa Honda melorot tajam, dalam 8 seri balapan MotoGP 2020 tak satupun bisa meraih podium. Dan baru pada GP Prancis di Le Mans akhir pekan lalu, mereka akhirnya bisa mengakhiri puasa podium. Alex Marquez finis di tempat ke-2, sementara Stefan Bradl finis di urutan ke-8. Dimana ini adalah hasil terbaik musim ini.

Stefan Bradl akan membuktikan sedikit peningkatan kekuatan dari motor Honda RC213V di Aragón. Namun sejauh ini, para pembalap Honda belum bisa menggunakan 100 persen potensi ban belakang soft baru punya Michelin. Itulah mengapa mereka mengalami ‘fase awal balapan‘ yang buruk. Bahkan Cal Crutchlow menyelesaikan 2 balapan dengan nirpoin pada bulan Agustus lalu. Saat ini, Crutchlow hanya menempati peringkat ke-19 di klasemen Kejuaraan Dunia, dengan hanya mengantongi 13 poin.

Beradaptasi dengan Ban Baru Michelin

Ducati meraih kemenangan MotoGP pertama di Le Mans berkat Danilo Petrucci. Sementara dua pembalap Ducati lainnya yakni Andrea Dovizioso dan Jack Miller, berada di posisi 3 besar. Apakah hasil bagus Ducati itu  karena permukaan jalan yang basah?

Stefan Bradl menjawab, “Petrucci dikenal jago balapan di tengah hujan. Dovi dan Miller juga merupakan pembalap hujan yang baik. Hal-hal kecil itulah yang membuat perbedaan dalam balapan seperti ini.”

“Penting bagaimana perasaan kita tentang ban. Ban hujan Michelin sangat kuat meskipun cuaca dingin. Sulit untuk menaikkan suhu ban di sisi kiri. Tapi begitu kita merasakannya, itu baik-baik saja. Dovi mungkin berpikir terlalu banyak, atau terlalu memperhatikan gelar Juara Dunia.”

Bisa Saja Bradl Digantikan Dovizioso

Stefan Bradl saat ini berasumsi bahwa dia akan menghabiskan tahun ke-4-nya sebagai tes rider HRC pada 2021. Tapi selama Andrea Dovizioso belum mencapai kesepakatan dengan tim manapun untuk 2021, pembalap asal Italia itu juga akan tetap menjadi masalah di Honda.

Sejak 2009-2011, “Dovi” melakoni Kejuaraan Dunia MotoGP selama 4 tahun dengan Honda, 3 tahun terakhir bersama tim kerja Repsol.

Tapi Bradl mengklaim punya hubungan yang sangat dekat dan saling percaya dengan manajemen HRC. Manajer tim Repsol Honda Alberto Puig bahkan mengajukan diri sebagai “grid girl” (membawa payung) untuk Bradl di GP Le Mans.

Bradl menegaskan, “Saya punya mekanik yang turun karena alasan pribadi, jadi pemegang payung biasa saya tidak punya waktu. Dia juga harus membantu sebagai montir. Itulah sebabnya Alberto mengemban tugas yang bertanggung jawab ini.”

“Sebagai mantan pembalap MotoGP, dia tahu persis apa yang harus dikatakan pembalap pada saat seperti itu dan topik apa yang tidak boleh dibicarakan. Kata-kata yang diucapkan Alberto sebelum memulai dipilih dengan sangat baik. Dia tahu harus berkata apa dalam setiap situasi.”

This post was last modified on 16 Oktober 2020 07:21

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Hasil Latihan Bebas Moto3 Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Jumat (26/4/2024), Pembalap CFMoto Aspar Racing, David Alonso menjadi yang tercepat dalam Latihan Bebas…

26 April 2024

Chery Hadirkan Tambahan Fitur Untuk Omoda E5

RiderTua.com - Chery telah sukses dalam menjual Omoda E5 di Indonesia sejak diluncurkan bulan Februari lalu. Mobil SUV listrik ini…

26 April 2024

Jorge Martin : Berhati-hati di Awal Balapan Agar Tidak Muncul Masalah Getaran

RiderTua.com - Pada konferensi pers di Jerez, Jorge Martin menjelaskan bahwa dia masih perlu meningkatkan diri di GP Spanyol. Rider…

26 April 2024

Toyota Kijang Innova Reborn yang Masih Laris Terjual

RiderTua.com - Toyota cukup sukses dalam menghadirkan Kijang Innova Zenix sejak setahun lalu di Indonesia. Sebab mobil medium MPV ini…

26 April 2024

Mini Aceman Resmi Dirilis, Crossover Listrik yang Tampil Menarik

RiderTua.com - Mini memang dikenal dengan sejumlah produknya yang memiliki kualitas tinggi. Termasuk mobil listrik pertamanya yang dirilis beberapa tahun…

26 April 2024

Mitsubishi Hadirkan Penyegaran Untuk ASX di Eropa

RiderTua.com - Mitsubishi memiliki beberapa mobil SUV yang dijualnya di pasar global. Salah satunya ASX, yang sebenarnya merupakan versi Eropa…

26 April 2024