Hasil MotoGP Le Mans: Ducati dan Honda Pecah Telur!

RiderTua.com – Hasil MotoGP Le Mans 2020 ditandai dengan Ducati dan Honda yang pecah telur.. Di mana akhirnya Ducati bisa menang di sirkuit Le Mans dan podium pertama Repsol Honda.. Balapan sempat tertunda karena turun hujan beberapa menit sebelum di mulai balapan MotoGP Prancis ini. Valentino Rossi jatuh di tikungan pertama, menahan Mir dan Vinales, sedangkan Ducati Petrucci, Dovizioso dan Miller mendominasi paruh pertama balapan.

Hasil MotoGP Le Mans 2020

Hasil MotoGP Le Mans

Danilo Petrucci kembali naik podium MotoGP dengan kemenangan meyakinkan di MotoGP Le Mans dalam kondisi basah yang mendebarkan, sementara Alex Marquez berhasil maraih podium perdananya bagi Honda.

Hujan sebelum balapan di mulai benar-benar mengubah strategi tim dan pembalap. Di mana telah didominasi oleh pemimpin klasemen Fabio Quartararo hingga saat ini dan balapan dalam kondisi hujan menimbulkan serangkaian insiden yang tak terduga.

Meski begitu, Petrucci sebagian besar mendominasi jalannya balapan, setelah memimpin pada lap pertama, menjauhkan diri dari perebutan posisi sekitar sepuluh lap tersisa. Sehingga mampu membuatnya sedikit beristirahat. Dia mampu menahan serangan menakjubkan dari Alex Marquez, yang menandai jejak pertamanya di MotoGP dengan podium yang luar biasa.

Memang gara-gara hujan deras sempat menunda start yang tiba-tiba dan tidak terduga muncul hanya tiga menit sebelum lampu start padam. Awalnya banyak yang menduga pembalap akan melakukan strategi flag-to-flag. Tetapi tidak cukup yakin membuat para pembalap menggunakan ban basah hingga penghujung balapan…

Balapan basah ini adalah yang pertama sejak MotoGP Valencia 2018, ada beberapa pembalap di grid terutama peraih posisi pole Fabio Quartararo dan penantang gelar terdekatnya Joan Mir yang tidak pernah mengalami balapan MotoGP dalam kondisi basah seperti ini. Jadi mereka adalah salah satu rookie balapan basah dengan motor 1000cc… hehe..

Jalannya Balapan

Dengan ketika lampu hijau menyala kurang dari 10 menit setelah semua pembalap keluar dari grid. Fase start Ducati sangat mengagumkan dengan motor yang dilengkapi dengan hole-shot device, segera melonjak ke depan. Awalnya Jack Miller berada di depan sebelum Petrucci dan Dovizioso menerobos masuk menggeser pembalap Australia itu.

Lebih jauh di belakang, balapan Valentino Rossi berakhir di tikungan 3 ketika dia kehilangan cengkeraman bagian belakang motor Yamaha M1-nya. Dia tergelincir, membuat Mir dan Maverick Vinales yang malang melebar untuk menghindari. Valentino Rossi tidak mengerti apa yang terjadi bahkan dengan kecepatan rendah bisa selip… Sementara itu di barisan depan, tiga besar mulai melebarkan jaraknya, trio Ducati serentak melarikan diri dari kelompok tengah..

Rins Gagal Podium

Sementara yang memimpin serangan ke kelompok atas ini adalah Alex Rins, pembalap Spanyol itu dengan cepat maju ke urutan keempat dari urutan 16 di grid, sementara Pol Espargaro dari KTM juga naik. Yang lebih mengejutkan pada tahap ini adalah munculnya rookie Marquez di Repsol Honda, serta dari Tech 3 Miguel Oliveira, pembalap lain yang belum pernah balapan di trek basah.

Serangkaian lap tercepat berturut-turut berhasil membuat Rins membuntuti Miller yang memimpin grup. Tetapi Rins merasa lebih sulit untuk menjinakkan pembalap Australia itu karena mereka bertukar posisi berulang kali.

Setelah terus mengawasi sebentar di belakang Petrucci untuk paruh pertama balapan, Dovizioso melakukan langkah serangannya di lap ke-18.. Yang terjadi selanjutnya adalah momen aneh di Tikungan 8 ketika pasangan Ducati melakukan kontak ringan saat Petrucci menyalipnya. Di mana tiba-tiba Rins muncul..

Pembalap Spanyol itu mengejar Petrucci. Namun keberuntungan yang luar biasa bagi Petrucci, yang performanya telah merosot sejak dia mengklaim kemenangan MotoGP perdananya yang terkenal di Mugello pada 2019. Di mana Alex Rins mengalami jatuh ..

Alex Marquez Bersinar

Performa luar biasa yang ditunjukkan oleh Petrucci, tetap saja bisa dibilang lebih baik dari Alex Marquez, yang membuat rekan-rekan ‘rookie balapan basah’ lainnya yang cekatan dalam wet race di atas motor Repsol yang start dari posisi ke-18 ke urutan kedua, membawa Honda naik podium pertama musim ini.

Di belakangnya, Espargaro mengalahkan Dovizioso dengan mesin KTM yang kembali ke podium untuk yang kelima tahun ini setelah dengan hati-hati berusaha untuk bersaing.

Meskipun kalah di lap terakhir, Dovizioso bertahan dengan gagah untuk posisi keempat.. Hasil yang penting dalam konteks memperebutkan gelar dunia.. Bahkan cukup untuk mengalahkan Oliveira. Dan memungkinkan Johann Zarco untuk merebut posisi kelima di lap terakhir setelah dengan mudah menjadi pembalap tercepat di lap akhir.

Nakagami dan Pengganti Marc

Takaaki Nakagami mempertahankan rekor sepuluh besar yang sempurna di urutan ketujuh, sementara Stefan Bradl memanfaatkan pengalamannya untuk mencetak sepuluh besar miliknya sendiri di Repsol Honda di urutan kedelapan mewakili Marc Marquez.

Mengenai pertarungan kejuaraan, Quartararo masih memimpin. Yang pasti sedikit membuat dia patah semangat melihat harapan kemenangannya sirna oleh cuaca. Di mana dia terlihat begitu kuat di trek kering. Namun meskipun dia merosot pada awalnya, dia mampu bertyahan dan berakhir di posisi ke-9.

Memang, di lap terakhir Quartararo bahkan tertinggal di belakang Vinales dan Mir – yang terlihat sangat tenang sejak awal saat mereka beradaptasi dengan kondisi sebelum tampil kuat di tahap akhir – tetapi pembalap Prancis kembali unggul, dengan ketiganya finis di urutan kesembilan. , kesepuluh dan kesebelas.

Nasib buruk dialami kedua pembalap.. Jack Miller yang mengalami kerusakan mesin, sementara Rins jatuh di tikungan pertama. Petrucci menggunakan kekacauan di barisan belakangnya untuk membuat jarak kecil sementara rekan setimnya Dovizioso bermasalah dengan grip belakang dan kalah oleh Alex Marquez..

Pemakain Ban

Hasil MotoGP Le Mans / ban Michelin

Hasil MotoGP Le Mans 2020

Hasil MotoGP Le Mans
Hasil MotoGP Le Mans 2020

Adik Marquez kali ini melakukan balapan yang cemerlang dengan berhasil menjejak podium kedua dan pertama buat Honda musim ini dalam balapan MotoGP basah pertamanya..

Fabio Quartararo yang strat dari posisi pertama mampu mempertahankan keunggulan klasemen meski hanya menempati posisi kesembilan.. Kali ini semua pembalap Yamaha kesulitan.

Hasil Lengkap MotoGP Le Mans

  1. Danilo PETRUCCI / Ducati Team Ducati / 45’54.736
  2. Alex MARQUEZ / Repsol Honda Team Honda / +1.273
  3. Pol ESPARGARO / Red Bull KTM Factory Racing KTM / +1.711
  4. Andrea DOVIZIOSO / Ducati Team Ducati / +3.911
  5. Johann ZARCO / Esponsorama Racing Ducati / +4.310
  6. Miguel OLIVEIRA / Red Bull KTM Tech 3 KTM /+4.466
  7. Takaaki NAKAGAMI / LCR Honda IDEMITSU Honda / +5.921
  8. Stefan BRADL / Repsol Honda Team Honda / +15.597
  9. Fabio QUARTARARO / Petronas Yamaha SRT Yamaha / +16.687
  10. Maverick VIÑALES / Monster Energy Yamaha MotoGP Yamaha / +16.895
  11. Joan MIR / Team SUZUKI ECSTAR Suzuki /+16.980
  12. Brad BINDER / Red Bull KTM Factory Racing KTM / +27.321
  13. Francesco BAGNAIA / Pramac Racing Ducati / +33.351
  14. Aleix ESPARGARO / Aprilia Racing Team Gresini Aprilia / +39.176
  15. Iker LECUONA / Red Bull KTM Tech 3 KTM / +51.087
  16. Alex RINS /Team SUZUKI ECSTAR Suzuki / +1’14.190
  • Jack MILLER / Pramac Racing Ducati / 7 Laps
  • Franco MORBIDELLI / Petronas Yamaha SRT Yamaha / 8 Laps
  • Cal CRUTCHLOW /LCR Honda CASTROL Honda / 9 Laps
  • Tito RABAT / Esponsorama Racing Ducati / 12 Laps
  • Bradley SMITH / Aprilia Racing Team Gresini Aprilia / 18 Laps
  • Valentino ROSSI / Monster Energy Yamaha MotoGP Yamaha / 0 Lap
Hasil MotoGP Le Mans
Hasil MotoGP Le Mans 2020

Be the first to comment

Leave a Reply