Honda Mundur dari F1, Ada Pengaruhnya di MotoGP Loh!

Keputusan hengkang dari F1 ini disinyalir bisa menambah anggaran HRC di MotoGP

Honda Mundur dari F1, Ada Pengaruhnya di MotoGP
Honda Mundur dari F1, Ada Pengaruhnya di MotoGP

RiderTua.com – Honda mundur dari F1, ternyata ada pengaruhnya di MotoGP. Pabrikan raksasa otomotif Honda mengejutkan dunia balap dengan mengumumkan mundur dari kelas utama balap Formula-1 pada akhir tahun 2021. Sementara performa tim MotoGP merosot tajam dengan absennya Marc Marquez karena cedera. Tim Honda saat ini di urutan terakhir klasemen tim MotoGP tanpa Marquez.

Honda Mundur dari F1, Ada Pengaruhnya di MotoGP

Honda Mundur dari F1, Ada Pengaruhnya di MotoGP
Honda Mundur dari F1, Ada Pengaruhnya di MotoGP

Alasan penarikan diri Honda bukan masalah keuangan, menyusul krisis global. Melainkan memfokuskan diri pada proyek “carbon-neutral” mulai 2050 dan mengubah dua pertiga penjualan mobil ke kendaraan listrik pada tahun 2030.. Sehingga program global Honda ini sepertinya tidak akan berdampak pada balapan roda dua MotoGP.

Bahkan jika dilihat produk yang dijual (mobil listrik) tidak ada pengaruh mendasar pada industri roda dua (sepeda motor) yang jelas menjadi tulang punggung sumber dana MotoGP.. Konsumen mobil listrik adalah negara-negara Barat dengan kemampuan untuk membuat perubahan infrastruktur substansial yang diperlukan untuk kendaraan berbahan bakar alternatif (listrik).

Sebaliknya, Honda (sepeda motor) tetap menjadi raja penjualan dan tetap berkomitmen untuk MotoGP. Alasannya puluhan juta sepeda motor yang dijualnya ada di negara berkembang. Di mana menghasilkan lebih dari 20 juta sepeda motor pada tahun 2019. Dan 40% dari penjualan tersebut terjadi di Indonesia dan India.. (China dan Vietnam kisaran satu juta sepeda motor). Jelas divisi balap MotoGP (HRC) disokong atau disubsidi dari Honda Motor Company. Sehingga dampak penarikan F1 cenderung minimal.

MotoGP Semakin Kuat

Namun, justru keputusan hengkang dari F1 ini bisa menambah anggaran HRC di MotoGP, karena perusahaan berusaha untuk kembali mendominasi pada tahun 2021 dan seterusnya. Honda saat ini di urutan buncit klasemen tim MotoGP tanpa Marquez.. Bukan kali ini saja Honda menarik diri dari ajang Formula-1 dan penarikan ini entah secara kebetulan atau tidak berpengaruh di MotoGP..

Kekeringan gelar sebelumnya juga berakhir tepat setelah Honda mundur dari F1. Yamaha mendominasi dengan Wayne Rainey dari 1989 hingga 1993.

  • Setelah putus dengan balap Formula-1 (McLaren) sangat sukses dengan raih gelar dunia MotoGP dari 1994 hingga 2003 bersama Doohan, Alex Criville dan Valentino Rossi.
  • Saat berhenti dari F1 pada tahun 2008, Honda merekrut Casey Stoner dan mengakhiri paceklik gelar MotoGP terlama dalam dua dekade.
  • Kini setelah 2021..?

Be the first to comment

Leave a Reply