Mazda Recall Ribuan Mobilnya Karena Fuel Pump

RiderTua.com – Tiba-tiba saja Mazda lakukan recall ribuan mobilnya karena masalah yang sama, yaitu fuel pump. Sebelumnya sudah ada empat produsen otomotif yang menarik sejumlah produknya di Asia Tenggara. Mazda recall ribuan mobilnya di Negeri Tirai Bambu, dan dikhawatirkan bisa meluas ke negara lainnya. Jadi model mana yang kena recall?

Baca juga: Mazda BT-50 Generasi Ketiga Resmi Diluncurkan !

Mazda Recall Ribuan Mobilnya di Negeri Tirai Bambu

Masalah fuel pump tentu sudah menjadi momok bagi produsen otomotif di seluruh dunia. Bagaimana tidak, kecacatan produksi dari pembuatnya menyebabkan komponen pada bagian ini bisa gampang memuai dan rusak. Sehingga mesin tak bisa dijalankan alias mogok, dan ini bisa membahayakan jika mobil dikendarai dalam kecepatan tinggi.

Tentu saja tak hanya Mazda yang kena dampak dari pompa bensin bermasalah tersebut, tetapi juga produsen lainnya seperti Honda, Toyota, hingga Mitsubishi-Nissan. Walau kebanyakan masalah mereka berpusat di Asia Tenggara, tapi jumlah unit yang ditarik cukup banyak, dan dengan masalah sama persis. Di Indonesia saja, model seperti Innova, Mobilio, hingga Xpander-Livina kena getahnya.

Mazda recall ribuan mobilnya

Ribuan Unit

Mazda menarik hampir 30 ribu unit mobil di Negeri Panda, terdiri dari 26.444 Mazda 3 Axela dan 2.690 unit Mazda CX-8. Keduanya merupakan tahun produksi dari 13 September 2018 sampai 15 Mei 2020 (khusus CX-8). Kedengarannya sama persis dengan recall fuel pump dari merek lain, dan kebanyakan melibatkan model tahun 2018.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Mazda sudah memanggil pemilik mobil yang terdampak untuk segera melakukan pengecekan di dealer terdekat. Jika ditemukan masalah, maka komponen akan diperbaiki dengan yang baru dan pemilik tak perlu membayar alias gratis. Mazda menjamin semua perbaikan komponen pompa ini akan ditanggung sepenuhnya.

Sepertinya ini menjadi recall pertama untuk CX-8, tapi tidak untuk Mazda 3. Masih ingat dengan penarikan model ini gara-gara fitur Smart Braking System yang bermasalah? Unit yang terdampak bahkan lebih banyak dari recall yang sekarang, yaitu mencapai 35 ribu unit. Terlepas dari itu, diprediksi masalah fuel pump ini belum berakhir sampai disitu saja.

Be the first to comment

Leave a Reply