Mazda BT-50 Generasi Ketiga Resmi Diluncurkan !

RiderTua.com – Akhirnya Mazda BT-50 generasi ketiga resmi diluncurkan perdana di Australia. Mobil pikap double cabin ini hadir dengan desain lebih modern dan tal lagi menggunakan basis dari Ford Ranger. Mazda BT-30 generasi ketiga ini memakai basis Isuzu D-Max generasi ke-3 pula. Jadi bisa dikatakan kalau D-Max punya kembarannya sekarang.

Baca juga: Mazda CX-30 Mesin Turbo Akhirnya Akan Terwujud

Mazda BT-30 Generasi Ketiga Memakai Basis Isuzu D-Max

Dari dulu Mazda selalu mengandalkan platform dari Ford Ranger untuk membuat BT-50. Generasi pertama hingga keduanya menggunakan basis Ranger yang dirakit oleh Ford di Thailand serta Afrika Selatan. Tapi Mazda Australia selalu mendapatkan unit BT-50 dari Negeri Gajah Putih, sebelum Mazda dan Ford berpisah karena suatu alasan.

Karena tak ada lagi yang bisa memproduksi BT-50, Mazda akhirnya meminta bantuan Isuzu untuk bekerja sama. Isuzu setuju, dan keduanya mulai membangun BT-50 generasi ketiga sejak tahun 2016 sampai sekarang. Jadi tak heran kalau bodi BT-50 dan D-Max terlihat begitu berbeda, kecuali BT-50 tentu saja menggunakan bahasa desain Mazda, yaitu Kodo.

Mazda BT-50 generasi ketiga

Model Lebih Gagah

Peluncuran All New BT-50 di Negeri Kangguru juga bersamaan dengan peluncuran D-Max generasi ketiga. Tentu ini tak menjadi masalah bagi keduanya, toh BT-50 dan D-Max kini jadi mobil kembar yang baru. Sepertinya mereka ingin menggebrak dominasi Toyota Hilux, Mitsubishi Triton, dan model d-cab lainnya di Australia.

Karena berbagi platform, maka jangan kaget kalau BT-50 yang sekarang mirip dengan D-Max, dari luar hingga dalam. Perbedaannya hanya terletak pada fascia-nya dengan desain khas mobil Mazda lainnya atau bahasa kerennya Kodo. BT-50 juga punya kelengkapan fitur didalamnya, mulai dari autonomous emergency braking, dynamic stability control, sampai keyless entry.

Terdiri dari varian D-Cab Chassis dan D-Cab Pickup, BT-50 memiliki 11 varian, mungkin jadi yang terbanyak di kelasnya. Harganya bervariasi, dari Rp 466 jutaan untuk tipe terendah, XT 4×2 D-Cab Chassis, sampai Rp 634,4 jutaan untuk tipe tertinggi, GT 4×4 D-Cab Pickup. Kelihatannya lebih mahal dari D-Max, tapi ingat kalau ini adalah produk Mazda, jadi masih masuk akal harganya.

Be the first to comment

Leave a Reply