Ini Warna Mobil Favorit Konsumen Seluruh Dunia

all new suzuki ertiga
(foto: Liputan6.com) all new suzuki ertiga

RiderTua.com – Tiap negara pasti punya warna mobil favorit konsumen, entah itu warna kromatik atau biasa. Namun ternyata warna putih dan hitam menjadi warna paling banyak terjual di seluruh dunia, dan mungkin jumlahnya akan terus meningkat. Kedua warna ini menjadi warna mobil favorit konsumen global, tak terkecuali wilayah Asia Pasifik. Memangnya kenapa ya?

Baca juga: Suzuki: Mobil Niaga Jadi Andalan Dalam Kondisi Sekarang

Warna Mobil Favorit Konsmen Global Tak Terkecuali Asia

Sebenarnya produsen mobil sudah menyediakan banyak pilihan warna yang begitu menarik. Dari putih-hitam, oranye, biru, bahkan sampai hijau dan ungu gelap (walau kini jarang dipakai). Tiap warna terkadang punya ciri khas bagi tiap mobil maupun merek, seperti biru menjadi ciri-ciri kendaraan listrik, atau oranye yang menjadi warna khas Nissan.

Tapi entah mengapa warna akromatik (hitam, putih, abu-abu, dan silver) yang sering menjadi incaran konsumen di seluruh dunia, tak peduli apapun jenis mobilnya. Hasil riset dari BASF mengungkapkan kalau 39 persen mobil di seluruh dunia berupa warna putih, dan 39 persen lainnya dari warna hitam, abu-abu, dan silver. Artinya, 78 persen mobil di seluruh dunia berwarna akromatik.

Warna mobil favorit konsumen

Arti Tersendiri

Sementara untuk wilayah Asia Pasifik, 49 persen pemilik mobil memilih warna putih alias Pearl White. Sementara hitam memiliki persentase lebih rendah, begitupun dengan warna biru dan merah. Pemilik yang membeli mobil hitam karena terkesan sporty, sedangkan biru kebanyakan berupa mobil listrik atau EV.

Jadi kenapa selalu warna putih? Warna ini melambangkan citra desain yang bersih, murni, dan berkelanjutan. Meskipun ada arti lain bagi pemiliknya, yaitu agar kotoran pada mobil bisa terlihat jelas dan bisa dicuci dengan mudah. Terlebih ada keunggulan lain dalam memilih warna putih maupun hitam pada mobil.

Biasanya mobil putih atau hitam (dan warna akromatik lainnya) memiliki nilai jual kembali yang lebih baik dari warna kromatik. Tengok saja di salah satu pasar mobil bekas, pasti kelihatan berapa banyak mobil warna akromatik dan kromatik yang ada dan terjual disana. Sepertinya mobil warna ini akan terus populer dari tahun ke tahun.

Be the first to comment

Leave a Reply