Yamaha Morbidelli ‘Lebih Canggih’ dari Rossi-Vinales- Fabio

Ketika lengan ayun karbon di uji cobakan di MotoGP Misano pada tahun 2019, Valentino Rossi menggunakannya sesekali. Tetapi Vinales dengan jelas menolak tegas karena dia lebih suka swingarm aluminium.

Franco Morbidelli: Berjuang untuk Raih Kemenangan

RiderTua.com – Yamaha Morbidelli ‘Lebih Canggih’ dari Rossi-Vinales- Fabio.. Franco Morbidelli memenangkan kemenangan pertamanya di MotoGP Misano. Tak tersentuh dan unggul mulai tikungan pertama setelah start. Menariknya, Morbidelli memakai Yamaha YZR-M1 yang sedikit berbeda dari semua pembalap Yamaha lainnya. Secara tampilan memang memakai air intake model lama. Namun ada bagian lain yang justru lebih modern..

Yamaha Morbidelli ‘Lebih Canggih’ dari Rossi-Vinales- Fabio

Lantas apa perbedaan Yamaha YZR-M1 yang dipakai Franco Morbidelli dengan yang lainnya?.. Secara tampilan-visual, ada dua perbedaan:

  1. Bentuk intake udara. Morbidelli masih memiliki air intake lama, sementara yang lain memiliki versi baru, yang lebih sempit dan lebih tinggi.
  2. Perbedaan yang bisa dilihat dari luar lainnya adalah, Franco adalah satu-satunya pembalap Yamaha yang menggunakan swingarm karbon.

Pemakaian lengan ayun berbahan karbon ini bagi Yamaha berefek pada pengurangan bobot. Yang pada akhirnya membuat bagian belakang lebih presisi saat berakselerasi. Hasilnya motor lebih mudah saat berbelok. Ini adalah pilihan pribadi yang digunakan Franco di awal musim, memilih untuk menggunakan karbon daripada aluminium yang digunakan semua pembalap Yamaha lainnya.

Swing Arm Karbon Yamaha M1 2019

Kenapa Pilih Karbon?

Kenapa Morbidelli justru menjadi satu-satunya pembalap Yamaha yang menggunakan lengan ayun karbon?.. Jawabnya hanya pembalap yang bisa merasakannya. Di mana berhubungan dengan perasaannya di trek, salah satu hal yang tidak dapat dijelaskan.

Bahkan swingarm karbon yang terlihat lebih canggih atau modern ini tidak bisa dipaksakan untuk pembalap lainnya..

Ketika lengan ayun karbon di uji cobakan di MotoGP Misano pada tahun 2019, Rossi menggunakannya sesekali. Tetapi Vinales dengan jelas menolak tegas karena dia lebih suka swingarm aluminium. Rossi mengatakan swingarm karbon membuat bagian belakang motor lebih presisi, membantu saat belok dan mungkin membantu memperpanjang umur ban. Valentino mengujinya lagi kemarin, saat tes Misano 2020.

Karena performanya yang bagus, Yamaha mengizinkan Morbidelli menggunakan perangkat Holeshot terbaru. Yang diaktifkan dari setang kiri dengan tuas kecil dekat tuas kopling.. Dengan alat ini diharapkan motor mampu berakselerasi lebih kuat. Valentino Rossi menggunakannya akhir pekan ini.

Be the first to comment

Leave a Reply