Chicho Lorenzo: Honda Punya Masalah Serius, Motor Dikembangkan Hanya untuk Marquez!

Bagi Chicho Lorenzo, ketika seorang sudah naik ke kelas elite (MotoGP), memiliki motor yang mudah dikendarai sangatlah penting.

Chicho Lorenzo: Honda Punya Masalah Serius, Motor Dikembangkan Hanya untuk Marquez!
Chicho Lorenzo: Honda Punya Masalah Serius

RiderTua.com – Ayah pembalap juara dunia MotoGP 5 kali, Chicho Lorenzo berujar Honda punya masalah serius, motor dikembangkan hanya untuk Marquez. Pabrikan sayap emas itu punya Motor yang hanya dibangun atas petunjuk Marquez.. Sementara Marc mirip seorang binaragawan (bodybuilder).. Chicho percaya bahwa Honda harus mengembangkan motor yang lebih mudah dikendalikan. Sebenarnya Honda sangat bisa, lihat saja Dani Pedrosa yang mengembangkan KTM RC16 yang kompetitif, sementara semua pembalap tidak ada kesulitan..

Chicho Lorenzo: Honda Punya Masalah Serius, Motor Dikembangkan Hanya untuk Marquez

Chicho Lorenzo: Honda Punya Masalah Serius, Motor Dikembangkan Hanya untuk Marquez
Chicho Lorenzo: Honda Punya Masalah Serius

Ayah Lorenzo itu kembali memberikan komentar melalui channel YouTube-nya tentang berita MotoGP. Dalam video terakhir, ayah Jorge Lorenzo mengomentari mengapa hanya Marc Marquez yang melaju cepat dengan Honda. Menurut Chicho, kuncinya ada pada gaya balapnya.

Marc dikenal menggunakan gaya balap yang sangat agresif, menyentuh limit bahkan melebihi.. Saat ini, Honda hanya bisa dibawa seperti itu sangat agresif sesuai gaya Marc dan hasil dari pembalap Honda lainnya di awal kejuaraan ini mencerminkan hal ini.

Binaraga (bodybuilder)

“Marquez adalah pembalap yang sangat agresif yang untuk bisa mengendarai dengan gayanya harus banyak melatih ototnya. Dia praktis seorang binaragawan (bodybuilder). Dia tidak peduli jika motornya sulit untuk digerakkan karena dengan kekuatan dan gaya berkendara yang agresif dia berhasil menekuknya dan membuat motornya berperilaku sesuai keinginannya”.

Chico melanjutkan, “Honda punya masalah yang sangat serius. Mereka telah memilih untuk mengembangkan motor hanya berdasarkan arahan Marquez dan tidak ada orang lain yang bisa melaju cepat dengannya. Bahkan saudaranya pun tidak bisa. Sekarang dia cedera, Honda tidak bisa mendapatkan hasil yang bagus. Hanya ada satu solusi: terus mengembangkan motor dengan petunjuk Marquez tetapi juga motor alternatif yang mudah dikendarai. “

Bagi Chicho, ketika seorang sudah naik ke kelas elite (MotoGP), memiliki motor yang mudah dikendarai sangatlah penting. Inilah yang terjadi pada Marc. “Ketika dia tiba di Honda, motornya dikembangkan oleh Pedrosa dan itu adalah motor yang relatif mudah dikendarai karena Dani adalah yang kurang berotot dan bertubuh kecil”.. Namun seberapa baik KTM sekarang dengan Dani sebagai test rider.

“Lihat apa yang terjadi di KTM, Pedrosa adalah pembalap uji dan motornya berkembang pesat. Hal pertama yang dilakukannya adalah mengganti sasis agar lebih mudah dikendalikan. Buktinya adalah Pol, Binder dan Oliveira bisa melaju sangat cepat. Ketika pembalap yang berbeda dapat memacu maksimal sebuah motor, itu berarti motor itu sangat mudah dikendarai,” pungkas Chicho Lorenzo…

2 Comments

  1. Bagi “orang di luar Honda” Masalah Honda adalah filosofi Honda itu sendiri dan punya satu pembalap yg klop dengan RC213V dan jadi juara dunia…

Leave a Reply