Ada ‘Roda Terbang’ di Red Bull Ring Austria!

Namun ada beberapa penonton MotoGP yang 'masa bodo' dengan hal ini. Tanpa kenekatan pembalap, tontonan tidak akan seru.

Ada 'Roda Terbang' di Red Bull Ring Austria
Ada 'Roda Terbang' di Red Bull Ring Austria

RiderTua.com – Ada ‘Roda Terbang’ di Red Bull Ring Austria, Minggu lalu. Di beberapa titik sirkuit Austria memang sangat berbahaya jika terjadi crash sehubungan dengan pembalap lain… Meskipun jelas, masalahnya bukan terletak di lintasannya.. Di kelas Moto2 setelah tanjakan pembalap langsung menabrak motor yang jatuh dan tidak terlihat. Kemudian di kelas MotoGP ketika pembalap jatuh motor yang meluncur bisa seperti efek karambol saat pembalap lain memasuki tikungan.. Namun semua penikmat balap motor setuju bahwa meskipun 2 kecelakaan itu terbilang horror, tak ada cedera serius dan seterusnya..

Ada ‘Roda Terbang’ di Red Bull Ring Austria!

Video Rossi Selamat 2 Kali dan Zarco Tanpa Cedera

Di kelas Moto2, crash terjadi karena Enea Bastianini, terjatuh saat keluar tikungan dan motornya tertinggal di tengah lintasan dan Hafiz Syahrin yang tidak siap akhirnya menabraknya hingga hancur. Dua pembalap lainnya juga jatuh setelah pembalap Malaysia itu, namun tanpa konsekuensi serius.

Yang kedua di kategori MotoGP, ketika Johann Zarco dengan tidak disengaja melakukan manuver yang tidak dapat diprediksi oleh pembalap lain.. Ada sebagian besar orang yang menyalahkan Johann Zarco, pembalap dari Perancis itu.

Faktanya jelas, manuver Johann Zarco membuat Franco Morbidelli tak punya tempat untuk bergerak karena menyalip dirinya pada saat pengereman. Morbidelli mengarahkan motornya ke kiri namun membentur sisi kanan ketika motor Zarco muncul di hadapannya.

Dari fakta obyektif ini, Morbideli tidak bersalah, namun pembalap Perancis itu melakukannya juga tanpa sengaja. Aleix Espargaro mengatakan bahwa, sebagai seorang pembalap, tidak dapat 99,9% melakukan manuver tanpa mempertimbangkan risiko pembalap lain. Pembalap harus memikirkan 80% untuk tujuan dirinya dan 20% untuk keselamatan sesama pembalap.

Apakah Red Bull Ring Berbahaya?

Apakah Red Bull Ring berbahaya?. Dari 83 pembalap di tiga kelas, ditambah 26 pembalap di Red Bull Rookies Cup, total 109 pembalap melewati titik-titik tersebut ratusan kali, dan hanya satu yang telah menyebabkan kecelakaan hebat.

Tentu saja ada faktor nasib buruk, dan kesalahan teknis seperti masalah rem, ban, kerusakan mesin, tetapi jika penyebab kecelakaan adalah manuver yang salah itu adalah hal lain. Keputusan untuk menyalip dalam kondisi dengan risiko tinggi apakah semua pembalap memperhitungkannya. Suatu keputusan yang terletak pada ketidakmampuan untuk menilai batas-batas risiko, benar atau salah.

Apakah pembalap di bawah tekanan cenderung nekat?.. Dan melakukan apa pun untuk mendapatkan apa yang dia inginkan, tanpa menilai konsekuensi dari tindakan mereka. Demi mendapatkan kontrak atau membuktikan pantas atas nama kepentingan ekonomi, nyawa dipertaruhkan…?

Rossi Pesan Tempat untuk Morbidelli di Yamaha

Bukan Gladiator

Namun ada beberapa penonton yang ‘masa bodo‘ dengan hal ini. Tanpa kenekatan pembalap, tontonan tidak akan seru. Tapi ingat, pembalap juga manusia dia punya keluarga.. MotoGP bukan pertarungan gladiator yang mempertaruhkan kehidupan sosial dan nyawa mereka di arena. 

1 Comment

Leave a Reply