Meski Pakai Teknologi MotoGP Namun Titik Lemah Honda CBR1000RR-R di Sasis

Alvaro Bautista

RiderTua.com – Di ajang WSBK Honda Fireblade muram. Pembalap Honda Alvaro Bautista berada di peringkat 8 dunia dengan 37 poin terpaut 61 poin dari Redding (Ducati). Sementara Leon Haslam di posisi 10. Semua pembalap Honda di Superbike World Championship setuju: titik lemah CBR1000RR-R di sasis. Bos proyek Honda superbike mengatakan. “Data sasis sangat dekat dengan motor MotoGP, namun mirip dengan versi terdahulu” ujar Yuzura Ishikawa.

Titik Lemah Honda CBR1000RR-R di Sasis

Memang Honda CBR1000RR saat ini adalah motor yang paling radikal yang pernah dibuat pabrikan sayap emas. Yuzura Ishikawa pemimpin proyek Honda untuk motor versi jalanan Fireblade dan proyek Superbike, ingin mendulang sukses dengan sepeda motor baru itu di penjualan dan arena balap.

Alvaro bautista

Menurut Ishikawa-San, meskipun ada inovasi teknis pada Fireblade 2020, sasis tampaknya sangat mirip dengan CBR versi lama pendahulunya. “Sepertinya kami tidak memiliki teknologi sasis baru yang revolusioner atau semacamnya, tetapi fokus Fireblade baru adalah pada balap”.

“Itu berarti kita membutuhkan geometri suspensi yang tepat dalam kombinasinya dengan keseimbangan suspensi yang tepat dan distribusi bobot yang tepat untuk balapan. Oleh karena itu data sasis sangat dekat dengan MotoGP. Memang tidak terlihat spektakuler, tetapi teknisi kami telah mentransfer fungsionalitas dari mesin MotoGP ke sepeda motor produksi yang cocok untuk penggunaan sehari-hari dan mengintegrasikan berbagai pilihan penyesuaian yang cukup luas”.

Yuzura Ishikawa
Yuzura Ishikawa

Rangka utama CBR1000RR-R sepenuhnya sesuai dengan komponen seri, karena sasis ini dikembangkan dengan ban yang bagus. Di sisi lain, Honda menggunakan bagian yang sangat berbeda untuk lengan ayun dan garpu.

Untuk masalah teknologi lainnya tidak ada masalah. Sangat terbarukan seperti meniadakan pengaturan katup throttle manual karena sudah di atur secara elektronik.

Katup throttle posisinya dekat dengan mesin, di sekitar kepala silinder, sangat dekat dengan katup intake. Tujuan alat ini adalah untuk pengaturan yang sangat mirip dengan yang ada di MotoGP. Dengan bagian ini akan menghasilkan performa mesin yang lebih tinggi dan responsif. Selain itu, katup throttle yang ditempatkan dekat dengan kepala silinder meningkatkan volume airbox. Namun semuanya sudah diatur secara elektronik di CBR..

Klasemen WSBK 2020 seri 2 Jerez
Klasemen sementara WSBK setelah seri Jerez

Intinya Honda menggunakan perangkat lunak canggih sendiri, yang mengintegrasikan pengetahuan dari MotoGP dan seri balap lainnya. Dan merupakan paket elektronik terbaik Honda. Namun kenapa masih kalah dengan Ducati, Yamaha dan Kawasaki… Seperti disimpulkan diatas adalah masalah sasis…

Be the first to comment

Leave a Reply