Premier League Musim 2019/20 Berakhir Sudah, Inilah Tim yang Lolos ke Eropa, Pemenang Sepatu Emas, Golden Glove dan Pencetak Assist Terbanyak

Neville: Solskjaer Harus Didukung Penuh oleh MU
Neville: Solskjaer Harus Didukung Penuh oleh MU

RiderTua.com – Bola – Pertandingan Premier League di hari akhir musim 2019/20 Minggu 26/7/20 (SeninWIB) berlangsung seru. Persaingan untuk bisa lolos ke kompetisi Eropa sekaligus pertempuran untuk bisa keluar dari zona degradasi berlangsung sengit. Dan inilah pemenang penghargaan Sepatu Emas, Golden Glove dan pencetak assist terbanyak musim ini.

Baca juga: Persaingan Panas Berebut Tiket Eropa di Premier League Semakin Seru dan Jadwal Pertandingan Terakhir

Premier League Musim 2019/20 Berakhir Sudah, Inilah Tim yang Lolos ke Eropa, Pemenang Sepatu Emas, Golden Glove dan Pencetak Assist Terbanyak

Dilansir dari Sky Sports, Manchester United dan Chelsea akhirnya sukses lolos ke Liga Champions musim depan. Sementara Leicester dan Tottenham Hotspur maju ke Liga Eropa. Sedihnya, Watford dan Bournemouth akan menyusul Norwich masuk ke zona degradasi dan turun kasta pada musim depan.

Seminggu yang lalu, tampak mustahil bagi Aston Villa untuk bisa lolos dari zona merah. Namun hasil imbang 1-1 melawan West Ham pada hari terakhir membuat mereka selamat dan bercokol di peringkat 17 klasemen.

Kemenangan 3-1 Bournemouth atas Everton tidak cukup untuk menyelamatkan mereka dari zona degradasi. Sementara Watford yang tanpa manajer kalah 3-2 dari Arsenal dan mengirim mereka kembali ke kasta kedua.

Liga Champions

MU secara menyakinkan menang 2-0 atas Leicester City di laga terakhir pada Minggu 26/7/20 (Senin WIB) di King Power Stadium. Mereka lolos ke Liga Champions musim depan. Chelsea bernasib sama dengan MU. Mereka juga maju ke Liga Champions setelah menang 2-0 dari Wolves. 

Dengan hasil ini, MU berada di posisi ke-3 dan Chelsea di peringkat ke-4 dengan perolehan poin sama yakni 66 poin. Namun The Red Devils memiliki selisih gol yang jauh lebih baik dari The Blues.

Pemenang Piala Carabao musim ini sekaligus runner-up Liga Premier, Manchester city dipastikan juga tampil di Liga Champions musim depan.

Liga Eropa

Akhir musim yang buruk bagi Leicester. Setelah kalah dari MU, mereka bertengger di peringkat ke-5 dengan 62 poin. Sementara, Tottenham berhasil menahan imbang Crystal Palace 1-1. Pasukan Jose Mourinho duduk di posisi ke-6. Leicester dan Spurs akan tampil di Liga Eropa musim depan. Wolves gagal maju ke Liga Eropa karena hanya finish di tempat ke-7. 

Partai final Piala FA akan mempertemukan Chelsea melawan Arsenal. Bagi The Blues menang atau kalah, mereka tetap maju ke Liga Champions musim depan.

Tetapi jika Arsenal memenangkan Piala FA, mereka akan mengambil tempat di babak penyisihan grup Liga Eropa, sedangkan Tottenham harus melalui putaran kualifikasi.

Satu-satunya peluang bagi Wolves untuk maju ke Liga Eropa musim depan, akan bergantung pada sisa musim Liga Eropa saat ini. Untuk mengamankannya, mereka harus menang di final di Cologne pada 21 Agustus, yang akan memberikan hadiah tambahan tempat berlabuh di Liga Champions.

Sepatu Emas

Ini adalah musim terbaik bagi striker Leicester, Jamie Vardy. Di musim ini dia berhasil memenangkan penghargaan Sepatu Emas untuk pertama kali. Pemain 33 tahun itu, mencetak 23 gol. 

Dengan margin hanya 1 gol, Pierre-Emerick Aubameyang dan Danny Ings tak bisa menyalip Vardy di puncak top scorer. Meski mereka berdua berhasil mencetak gol pada pertandingan terakhir tadi malam.

Pencetak Assist Terbanyak

Pemain Manchester City, Kevin de Bruyne berhasil membukukan 20 assist di musim ini. Ini adalah rekor khusus yang telah bertahan selama 17 tahun. Meski tak bisa memecahkan atau melampaui namun Kevin berhasil menyamai rekor Thierry Henry. Mereka berdua memegang gelar sebagai assist terbanyak dalam satu musim. Kevin pada musim 2019/20, sementara Henry pada 2002/03.

De Bruyne kini telah menjadi pencetak assist terbaik Liga Premier dalam 3 dari 4 musim terakhir, tetapi bisakah ia memecahkan rekor musim depan?

Golden Golve

Nama Nick Pope berada di posisi tertinggi sebagai pencetak clean sheet terbanyak di Liga Premier selama berminggu-minggu. Namun di pertandingan terakhir tadi malam, Ederson dengan meyakinkan bisa menyalip kiper Burnley itu.

Ederson berhasil membukukan 16 clean sheet di musim ini, sementara Pope hanya selisih 1 angka yakni 15 kali. Hal ini terjadi setelah Burnley kalah 1-2 dari Brighton pada pertandingan terakhir tadi malam.

Liverpool Juara Premier League

Pasukan Jurgen Klopp gagal memecahkan rekor 100 poin milik Man City. Mereka hanya mengumpulkan 99 poin hingga hari terakhir. Tak hanya itu, mereka juga gagal mengklaim margin kemenangan terbesar antara peringkat 1 dan 2.

Rekor ini dipegang oleh Man City yang punya jarak 19 poin dari Man United yang menjadi runner-up pada musim 2017/28 lalu. Liverpool berjarak 18 poin dari Man City di peringkat ke-2. 

Tetapi, dengan kemenangan 3-1 dari Newcastle, Liverpool berhasil menyamai rekor City yang diukir pada 2017/18. Mereka berhasil mencatatkan 32 kemenangan dalam satu musim.

The Reds juga telah mengantongi rekor memenangkan gelar dengan jumlah pertandingan terbanyak yang tersisa (7 laga). Sebuah musim yang luar biasa untuk Liverpool.

Be the first to comment

Leave a Reply