Persaingan Panas Berebut Tiket Eropa di Premier League Semakin Seru dan Jadwal Pertandingan Terakhir

RiderTua.com – Bola – Musim 2019/20 hampir usai. Wolves dan Spurs bersaing untuk menempati 7 besar klasemen. Sementara Manchester United, Chelsea dan Leicester saling gontok untuk bisa finish 4 besar Liga Premier. Persaingan panas di Premier League semakin seru jelang akhir musim untuk berebut tiket Eropa. Dan berikut jadwal pertandingan terakhir yang digelar pada Minggu 26/7/20 (Senin WIB).

Baca juga: Klub Premier League Mana yang Lolos ke Liga Champions dan Liga Eropa Musim Depan?

Persaingan Panas Berebut Tiket Eropa di Premier League Semakin Seru dan Jadwal Pertandingan Terakhir

Dilansir dari Sky Sports, jelang musim berakhir, banyak hal yang menarik untuk dibahas. Tim mana dari Premier League yang akan lolos maju ke kualifikasi kompetisi Eropa musim depan? Siapa yang akhirnya menyabet penghargaan individu mulai dari Golden Boot, Golden Glove, hingga playmaker terbaik. Tak hanya itu, berapa hadiah uang yang bisa didapat dari kompetisi ini?

Pertempuran Degradasi

Situasi untuk bisa lolos dari zona degradasi ketat dan rumit. Villa berada di urutan 17 dengan 34 poin (GD -26), sementara Watford berada di urutan 18 dengan 34 poin (GD -27) dan Bournemouth berada di urutan 19 dengan 31 poin (GD -27). Sedangkan juru kunci ditempati Norwich City dengan 21 poin.

Pada pertandingan hari terakhir, Aston Villa akan menantang West Ham, Watford menghadapi Arsenal, dan Bournemouth tandang ke markas Everton.

Norwich sudah bisa dipastikan akan terdegradasi musim ini. Tinggal menyisakan Aston Villa, Watford serta Bournemouth bersaing untuk menempati posisi ke-17 dan berhasil keluar dari zona merah.

Persaingan Panas

Persaingan untuk bisa finish di 4 besar Premier League sangat seru dan sengit. Manchester United hanya membutuhkan hasil imbang saat melawan Leicester pada hari terakhir untuk bisa finis di empat besar.

Sementara Chelsea hanya perlu satu poin lagi untuk mengamankan tempat empat besar melawan Wolves di Stamford Bridge.

Leicester harus bisa mengalahkan Man United pada hari terakhir untuk lolos kualifikasi Liga Champions. Jika mereka gagal melakukannya, pasukan Brendan Rodgers itu masih bisa lolos ke babak penyisihan grup Liga Europa.

Kualifikasi Liga Eropa

Wolves saat ini berada di urutan ke-6, unggul satu poin dari Tottenham di posisi ke-7. Dengan selisih gol yang tidak terlalu berbeda (Wolves: +13, Spurs: +14). Meski begitu, baik Wolves dan Tottenham tidak bisa finish di bawah peringkat ke-7, tetapi masih ada persaingan kecil di antara mereka.

Kenapa? Inilah alasannya, peringkat ke-5 (yang akan ditempati oleh salah satu antara Man Utd, Leicester atau Chelsea) dan peringkat ke-6 dijamin langsung lolos ke Liga Europa. Kuncinya di sini adalah jika memungkinkan mereka menghindari finish peringkat ke-7.

Itu karena, jika Arsenal memenangkan Piala FA saat melawan Chelsea di Wembley pada 1 Agustus nanti, otomatis The Gunners akan mengambil tempat Liga Europa meski finish dari tempat ke-7. Bisa jadi mereka akan bersaing dengan Spurs.

Pada laga hari terakhir musim ini, Wolves tandang ke Chelsea, sementara Spurs akan menantang Crystal Palace.

Golden Boot

Musim ini adalah musim terbaik bagi Jamie Vardy, dia telah mencetak 23 gol. Dengan torehannya ini dia berada di puncak daftar sebagai pemain pencetak gol terbanyak di Liga Premier musim ini. 

Secara realistis, ada 4 pemain yang menjadi saingan kuat Vardy untuk bisa menyabet pengharagaan Golden Boot musim ini. Danny Ings tercatat telah mencetak 21 gol, Pierre-Emerick Aubameyang 20 gol dan Mohamed Salah dan Raheem Sterling masing-masing 19 gol.

Leicester-nya Vardy akan menjamu Man United, semenatara Southampton-nya Danny Ings menjamu Sheffield United. Arsenal-nya Aubameyang menjadi tuan rumah saat melawan Watford, dan Liverpool-nya Mo Salah tandang ke Newcastle. Sedangkan Sterling di City menjamu Norwich.

Ini artinya, pundi-pundi gol mereka masih bisa saja bertambah di pertandingan terakhir di musim ini. Dengan selisih gol yang tidak terlalu jauh, siapapun masih berpeluang merebut penghargaan Sepatu Emas musim ini.

Sebagai perbandingan saja, musim lalu (2018/19) penghargaan Golden Boot diberikan kepada 3 striker sekaligus yakni Mo Salah, Aubameyang dan Sadio Mane semuanya berakhir dengan 22 gol.

Assist Terbanyak

Setelah 17 tahun lamanya, rekor assist yang ditorehkan Therry Henry bisa jadi akan pecah pada pertandingan Minggu esok. Henry memegang gelar sebagai assist terbanyak dalam satu musim di musim 2002/03 dengan 20 assist.

Beberapa tahun terakhir sudah banyak pemain yang telah mencoba dan mendekati rekor Henry. Namun mereka gagal. Mesut Ozil mendaftarkan 19 assist di musim 2015/16, sementara Cesc Fabregas (2014/15) dan Frank Lampard (2004/05) keduanya membukukan 18 assist.

Kevin De Bruyne kini menjadi pemain dengan catatan assist terbanyak di Liga Premier dengan 19 assist. Man City masih akan menghadapi klub yang sudah terdegradasi Norwich City di pertandingan terakhir. Ini artinya, peluang kevin de Bruyne untuk menambah jumlah assist masih terbuka lebar.

Namun, perlu diingat ada kemungkinan Pep Guardiola akan mengadakan rotasi skuat. Hal ini bisa saja terjadi di laga hari Minggu nanti. Mereka harus mempersiapkan diri menghadapi laga leg kedua Liga Champions di babak 16 besar melawan Real Madrid pada 7 Agustus. Akankah De Bruyne mendapatkan kesempatan untuk menambah jumlah assistnya di Liga Premier?

Hadiah Uang

Penghuni papan tengah yang tidak lolos kualifikasi kompetisi Eropa masih memiliki sesuatu yang menjadi penghibur. Tak lain dan tak bukan itu adalah berupa hadiah uang tunai. 

Meskipun Liga Premier belum mengkonfirmasi berapa hadiah uang yang diberikan untuk setiap tim, di musim 2018/19 kemarin, perbedaan antara masing-masing peringkat kira-kira sebesar 2 juta poundsterling.

Uang segitu setara dengan 100.000 penggemar yang membeli tiket pertandingan seharga 20 poundsterling. 

Liverpool Berusaha Menyamai Rekor Kemenangan

Sayang, Liverpool tidak selesai tanpa terkalahkan. Mereka tidak memenangkan setiap pertandingan di kandang, mereka tidak bisa melampaui rekor 100 poin punya Man City.

Namun, Anfield tak boleh bersedih. Mereka masih bisa mengklaim margin kemenangan terbesar antara peringkat pertama dan runner-up. Yang sebelumnya di 19 poin (Manchester City ke Man United di 2017/18).

Hal ini bisa terjadi jika mereka menang dan Manchester City kalah di kandang sendiri saat melawan Norwich. Setelah mencapai rekor berhasil mengamankan gelar Liga Premier dengan catatan 7 pertandingan tersisa.

Tak hanya itu, Liverpool juga masih bisa menyamai rekor City pada 2017/18 lalu, yakni mencapai 32 kemenangan dalam satu musim jika The Reds menang atas Newcastle pada hari Minggu esok.

Golden Glove

Persaingan ketat untuk menyabet Golden Glove musim ini. Nick Pope (15) dan Ederson (15) saat ini masih memimpin, dan jika mereka berhasil mendapatkannya maka ini akan menjadi penghargaan Golden Glove Liga Premier pertama mereka.

Burnley-nya Pope masih akan bertarung menghadapi Brighton, sementara Man City-nya Ederson akan menjamu Norwich. The Golden Glove dibagikan bagi penjaga gawang dengan jumlah clean sheet yang sama, terlepas dari jumlah pertandingan yang mereka mainkan.

Jadwal Minggu 26 Juli: Pertandingan hari terakhir di Liga Premier

  • Arsenal vs Watford – (Semua pertandingan kick-off 16:00 waktu Inggris)
  • Burnley vs Brighton 
  • Chelsea vs Wolves 
  • Crystal Palace vs Tottenham
  • Everton vs Bournemouth
  • Leicester vs Man Utd
  • Man City vs Norwich
  • Newcastle vs Liverpool

Be the first to comment

Leave a Reply