Duo Repsol dan Dua Marquez Jatuh, Motor Honda Bermasalah?

Alex Marquez (Honda Repsol) mengatakan kecelakaannya di MotoGP Jerez FP2 adalah kesalahan wajar dari seorang pemula atau rookie.

RiderTua.com – Banyak kejadian pada sesi pertama latihan bebas atau free practice MotoGP Spanyol. Seperti kompak kedua bersaudara Alex dan Marc Marquez jatuh. Mereka memang melakukan kesalahan manuver atau sebab lain. Namun yang jelas duo Repsol dan dua Marquez jatuh, apakah motor Honda bermasalah?.. Karena Cal Crutchlow ( LCR Honda) juga hampir mengalami hal serupa dengan Marquez…

Duo Repsol dan Dua Marquez Jatuh, Motor Honda Bermasalah?

RC213V Marc Marquez

Alex Marquez (Honda Repsol) mengatakan kecelakaannya di MotoGP Jerez FP2 adalah kesalahan wajar dari seorang pemula atau rookie. Disebutkan semua disebabkan karena dia yang terlalu optimis setelah sesi pagi (FP1) yang kuat. Adik Marc Marquez itu jatuh pada sesi sore di tikungan pertama (T-1). Alex sudah dua kali jatuh di Jerez dalam dua hari setelah jatuh di tikungan 6 selama sesi tes hari Rabu sebelumnya.

Alex berakhir di urutan ke-16 di FP1 dan posisi ke-21 di FP2. Kenaikan suhu lintasan dari FP1 ke FP2 mengubah kondisi cengkeramannya, dan ini membuat Alex keluar dari 10 besar.

“Kecelakaan itu karena saya terlalu optimis. Dari pagi hari (FP1) ritme nya sangat bagus di trek, saya membuat kesalahan sebagai rookie. Cengkeramannya berubah cukup banyak dari pagi hingga sore, lalu saya agak melebar di tikungan masuk. Tetapi saya berada di catatan waktu yang baik. Jadi saya mencoba untuk mengikuti racing kine yang bagus. Saya miring terlalu banyak pada permukaan yang kotor dan cengkraman bagian depan hilang. Lalu semua rencana di sore hari sedikit tidak terkendali.”

Duo Marquez jatuh

Marc Marquez Juga Jatuh

Hanya berselang 10 menit setelah itu, sang kakak Marc Marquez mengalami kecelakaan front-end berkecepatan rendah yang serupa. Namun kejadiannya di tikungan-2. Marquez mungkin hal ini sudah biasa untuk mencari batas kecepatan motornya.. Namun tidak hanya dua bersaudara saja, pembalap LCR lain juga mengalami hal serupa…

Cal Crutchlow ( LCR Honda) mengakui bahwa dia hampir mengalami kecelakaan yang mirip dengan Marc Marquez. Bagian depan Honda menjadi sangat berbahaya, padahal salah satu kekuatan RC213V adalah saat masuk di tikungan..

“Saya hampir mengalami crash di lap terakhir. Karena itulah aku melambat. Persis sama dengan Marc, saya kehilangan front (cengkraman bagian depan) di Turn-2,” kata Crutchlow pada media motorsport.com… Apakah bagian depan motor sangat penting di Jerez?. Apakah ini kelemahan Honda kali ini?

Be the first to comment

Leave a Reply