Motor Yamaha YZF-R1 Fabio Quartararo Tidak Memakai Cakram Karbon?

Alasan mengapa, melarang pembalap MotoGP mengendarai motor superbike adalah menghindari mereka melakukan 'uji coba tersembunyi'.

Fabio Quartararo Circuit Paul Ricard

RiderTua.com – Beberapa tuduhan dilayangkan terhadap rider Yamaha Petronas SRT MotoGP, Fabio Quartararo. Salah satunya tentang pelanggaran peraturan motor YZF-R1 yang disiapkan oleh tim superbike Prancis di trek Paul Ricard. Namun beberapa media menyatakan motor Yamaha YZF-R1 Fabio Quartararo tidak memakai cakram karbon seperti yang dituduhkan…

Motor Yamaha YZF-R1 Fabio Quartararo Tidak Memakai Cakram Karbon?

Karena tidak ada pembelaan atau disangkal oleh tim Yamaha Petronas, berbagai tuduhan telah dibuat. Bahwa alih-alih dia menggunakan Superbike spek balap, daripada Yamaha R1 dalam konfigurasi standart pabrikan. Banyak media yang melaporkan bahwa Fabio memakai cakram karbon, namun media GPOne menyatakan beberapa orang ‘menghakimi’ tanpa melihat foto-fotonya, yang juga dipasang secara online oleh Fabio untuk menunjukkan itikad baiknya.

Fabio Quartararo Circuit Paul Ricard- Yamaha R1

Sebenarnya tidak benar bahwa Fabio memakai cakram karbon. Karena dengan foto-foto itu adalah hal yang paling mudah untuk memastikan. Dimana Yamaha YZF-R1 yang digunakan oleh pembalap Prancis itu memiliki cakram karbon atau tidak. Seperti yang dapat dilihat dengan jelas dari foto, cakram yang dipakai terdapat banyak lubang ventilator untuk melepaskan energi panas dari sistem pengereman. Rem pada R1 Fabio terlihat seperti cakram biasa bukan?.

Brembo Carbon Ceramic Brake
Rem Karbon

Alasan mengapa, melarang pembalap MotoGP mengendarai motor superbike adalah menghindari mereka melakukan ‘uji coba tersembunyi’. Meskipun tim SBK memiliki standart yang agak tinggi, mungkin mereka akan menggunakan pembalap MotoGP untuk melakukan tes, tapi pastinya dengan biaya yang lebih tinggi. Dan itu tidak mungkin, jadi tuduhan (jika ada) dalam kasus Fabio ada pada mesin dan elektronik yang susah untuk di lihat secara kasat mata.. Namun masih sulit dipahami motif-nya jika ada..

Storm in a Glass of Water

Ada ungkapan dalam bahasa Inggris: storm in a glass of water, yang bermakna ‘membuat keributan tentang hal yang tidak penting‘… Quartararo berisiko paling tidak hanya peringatan. Namun dari kasus ini juga bermanfaat untuk memperjelas peraturan yang sudah ditulis, dimana banyak menimbulkan banyak penafsiran..

Be the first to comment

Leave a Reply