Yang Melaporkan Quartararo adalah Tim Lawan dan Apa Hukumannya di Jerez?

Staf Petronas SRT MotoGP dan Fabio Quartararo belum menyangkal hal ini, namun dia bukan satu-satunya pembalap yang akan dipanggil Panel Steward di Jerez.

Yang Melaporkan Quartararo adalah Tim Lawan dan Apa Hukumannya di Jerez

RiderTua.com – Masalah saling lapor ternyata juga terjadi di dunia balap MotoGP. Untuk kasus rider Yamaha ini yang melaporkan Quartararo adalah tim lawan. Entah Honda, Suzuki atau tim lainnya, yang jelas Fabio Quartararo dilaporkan ke FIM oleh tim lawan mereka. Musim MotoGP dimulai dengan kegaduhan. Dan apa risikonya di GP Jerez nanti apakah hukumannya berat? ..

Yang Melaporkan Quartararo adalah Tim Lawan dan Apa Hukumannya di Jerez?

Fabio Quartararo

Fabio Quartararo akan dipanggil oleh Panel Steward di Jerez. Musim MotoGP 2020 dimulai dengan ‘turbulensi’ setelah pembalap Prancis itu melakukan tes pribadi dengan kecerdikan menggunakan Superbike yang dimodifikasi yang menurut tim lawan “terlalu banyak modif”. Yamaha R1 Superbike Fabio, disiapkan oleh perusahaan Perancis Tech Solution, infonya memakai rem karbon dan memiliki perubahan pada elektronik yang dilarang. Tim lawan melaporkan bahwa suku cadang yang dipakai dalam tes itu tidak sah. Dari sini pengaduan resmi dimulai dan FIM mulai sadar akan masalah ini dan menindak lanjuti dengan pemanggilan pembalap di Jerez nanti.

Fabio Quartararo Circuit Paul Ricard- Yamaha R1

Peraturan memperbolehkan tes pribadi dengan Superbike 1000cc di lintasan, asalkan yang dipakai motor versi jalan raya. Namun, demi alasan keamanan, modifikasi pada rem diperbolehkan (meskipun rem karbon dilarang), peredam kejut, knalpot, dan ergonomi. Perubahan tersebut harus dikomunikasikan terlebih dahulu kepada Direktur Teknis MotoGP Danny Aldridge. Tentu saja kaca spion dan indikator standart tidak dibutuhkan. Ban harus yang dapat dibeli di pasaran bukan ban khusus balapan..

Namun ada hal yang kemungkinan meringankan pembalap Yamaha ini. Paul Ricard bukanlah sirkuit dalam kalender MotoGP dan motor R1 yang dia pakai sangat jauh dari spek YZR-M1-nya. Jadi sepertinya tidak mungkin Quartararo bisa mendapatkan keuntungan apa pun dari latihan itu untuk musim 2020. Namun dia tetap melanggar aturan “pemberitahuan sebelumnya”. Di masa lalu, hukuman diberikan hanya bagi pembalap yang mencoba secara ilegal dengan sepeda motor khusus balap atau motor untuk sirkuit di mana seorang pembalap akan ditahan dalam waktu dua minggu.

Staf Petronas SRT MotoGP dan Fabio Quartararo belum menyangkal hal ini, namun dia bukan satu-satunya pembalap yang akan dipanggil Panel Steward di Jerez. Ada informasi setidaknya satu pembalap dari kelas moto2/ moto3..

Hukuman Quartararo?

Tapi apa risiko hukuman Quartararo sekarang?.. Tidak ada yang meragukan niat baiknya, sedemikian rupa sehingga tes tersebut telah diabadikan dengan foto dan video yang telah beredar di web. Artinya tidak ada yang disembunyikan… Mereka tidak menyembunyikan apa pun. Sangat mungkin Fabio akan lolos hanya dengan teguran atau penalti yang tidak akan memengaruhi peluangnya memenangkan balapan pertama di Jerez. Selain itu, Dorna tampaknya tidak ingin memulai musim MotoGP, yang sudah agak genting ini dengan kontroversi yang tidak akan baik untuk olahraga ini. Yang berisiko dapat menimbulkan preseden buruk bagi MotoGP…

Be the first to comment

Leave a Reply