Siapa Lawan yang Sepadan Bagi Toyota Corolla Cross ?

Render Corolla Cross

RiderTua.com – Sepertinya penantian panjang konsumen yang menunggu hadirnya Toyota Corolla Cross akan segera berakhir, karena mobil crossover ini akan dikenalkan bulan depan. Sepertinya sang ‘calon adik’ C-HR dan RAV4 ini akan hadir sebagai CUV gagah perkasa. Walau masih banyak yang penasaran siapa saja calon rival untuk Toyota Corolla Cross. Mungkinkah selevel dibawah C-HR, atau bahkan membentuk kelas baru?

Baca juga: Penampilan Toyota Corolla Cross akan Semirip Yaris Cross ?

Calon Rival Toyota Corolla Cross

Ini bukan pertama kalinya Toyota menggunakan nameplate ‘Cross’ pada produknya. Tentu masih ingat dengan Yaris Cross yang baru melakukan debut perdananya secara online beberapa bulan lalu. Entah mengapa nama ‘Cross’ kini semakin sering digunakan oleh produsen mobil.

Walau namanya Corolla Cross, tapi mobil ini tak membawa desain sedan yang elegan seperti model Corolla lainnya. Padahal model tersebut masih menggunakan platform TNGA-C yang sudah biasa digunakan oleh versi sedannya. TNGA-C juga dipakai oleh saudaranya yang juga berjenis crossover, C-HR dan Lexus UX.

Pesaing yang Sepadan

Kalau begitu, bagaimana ‘kriteria’ rival yang cocok untuk Corolla Cross? Tentunya model SUV atau CUV yang aslinya dibuat dari basis compact sedan. Contoh yang paling gampang yaitu Honda CR-V, yang sejatinya menggunakan platform-nya Civic. Kemudian ada Mazda CX-30 dari basis Mazda 3 dan Mitsubishi Outlander Sport dari sedan sport legendaris Lancer EX.

Mitsubishi Outlander Sport Facelift

Jadi kenapa bukan Honda HR-V dan Mazda CX-5 sebagai lawannya Corolla Cross? Alasannya yaitu HR-V dibuat dari basisnya hatchback Jazz atau City, sementara CX-5 lebih cocok menjadi rivalnya RAV4. Memang keduanya punya dimensi yang serupa dengan Corolla Cross, tapi punya ‘status’ yang berbeda.

Tapi sepertinya kalau secara dimensi, Corolla Cross lebih mengarah ke kelas dimana Outlander dan Eclipse Cross serta Wuling Almaz-Chevrolet Captiva berada. Terlepas dari itu semua, kehadiran mobil ini akan sangat menarik untuk dinanti, karena world premier-nya dilakukan di Thailand. Jadi bisa saja Indonesia akan didatangi Corolla Cross suatu saat nanti.

Be the first to comment

Leave a Reply