Sirkuit Hajdunanas Telan Dana 3 Triliun, Hongaria Siap Gelar MotoGP Mulai 2023

Di Hungaria, sedang digarap sebuah proyek baru untuk sirkuit yang berlokasi di timur negara itu. Siap balapan mulai tahun 2023, tujuan Hajdunana adalah untuk mengadakan event balapan MotoGP.

Aquaticum-Debrecen-Strand-beach-Hungary-Sirkuit Hajdunanas Telan Dana 3 Triliun, Hongaria Siap Gelar MotoGP Mulai 2023

RiderTua.com – Negara Hongaria atau Hungaria siap menjadi venue digelarnya balapan MotoGP Hongaria mulai 2023. Sirkuit baru direncanakan berada di Hajdunanas, sebuah kota di daerah Hajdu-Bihar, di wilayah Dataran Besar Utara Hongaria bagian timur… Lokasinya sekitar 200 kilometer sebelah timur Budapest, Sirkuit Hajdunanas telan dana 3 triliun, Hongaria siap gelar MotoGP mulai 2023

Sirkuit Hajdunanas Telan Dana 3 Triliun, Hongaria Siap Gelar MotoGP Mulai 2023

Rencana pertama untuk proyek ini sudah dipresentasikan pada musim gugur yang lalu. Pada saat itu, letter of intent pertama ditandatangani dengan promotor MotoGP Dorna. Pada konferensi pers di Hongaria diumumkan bahwa kontrak delapan tahun telah ditandatangani.

Dari musim 2023 dan seterusnya, Kejuaraan Dunia balap Motor akan muncul di sirkuit baru. Promotor Dorna, bagaimanapun, masih mengomentari proyek ini. Meskipun diskusi sedang berlangsung, tetapi belum ada yang diputuskan.

Sirkuit-Hajdunanas-Telan-Dana-3-Triliun-Hongaria-Siap-Gelar-MotoGP-Mulai-2023

Proyek baru ini dipresentasikan oleh Laszlo Palkovics, Menteri Inovasi dan Teknologi, Tibor Szollath, Walikota Hajdunanas, Lajos Kosa, Anggota Parlemen, mantan juara dunia Gabor Talmacsi dan Hermann Henrik, Presiden Asosiasi Motorsport Hungaria.

Biaya sirkuit baru ini sekitar 65 miliar forints Hongaria. Atau sekitar 188 juta euro ( setara 3 triliun rupiah). Ada fasilitas Hotel yang akan dibangun di sekitar lokasi. Disana akan ada event balap hingga 200 acara per tahun termasuk MotoGP, Superbike World Championship, Rallycross dan go-kart.

Pada tahun 1990 dan 1992 ada dua event Kejuaraan Dunia balap Motor di Hungaroring. Sejak itu ada beberapa rencana untuk membangun lintasan baru. Pembangunan sirkuit Balaton Ring dekat Savoly dimulai pada tahun 2008.

Peta Hungaria- maps Hongaria
Peta Hongaria

Fasilitas itu tidak pernah selesai. Setelah skandal korupsi, bank-bank menarik dukungan dari kelompok investasi Spanyol Sedesa, yang berada di belakang proyek itu. Sementara itu pembiayaan proyek baru di Hajdunanas belum dijelaskan secara rinci.

Berbeda dengan Kejuaraan Dunia balap Motor, Formula 1 tetap di Hongaria. Sirkuit Hungaroring telah digunakan secara terus-menerus sejak 1986. Sebuah kontrak baru berakhir pada 2016 hingga 2026. Kontrak ini diperpanjang satu tahun hingga 2027 karena tahun ini harus balapan tanpa penonton sehingga pihak penyelenggara kehilangan pendapatan penting.

Be the first to comment

Leave a Reply