Ketika Mitsubishi-Nissan dan Honda Recall Mobil Gara-gara Fuel Pump…

RiderTua.com – Selama sebulan ini, terjadi dua kali recall mobil yang dilakukan oleh tiga produsen yang berbeda, tapi dengan masalah sama. Produsen yang dimaksud tak lain adalah Honda serta Mitsubishi dan Nissan (satu aliansi). Ketiganya dihadapkan dengan satu masalah, yaitu fuel pump alias pompa bahan bakar pada mobilnya. Dari model Jazz, HR-V, Civic, sampai si kembar Xpander-Livina.

Baca juga: Waduh, Mitsubishi Indonesia Umumkan Recall Xpander !

Dihadapkan Dengan Masalah Fuel Pump

Honda pertama kali yang mengumumkan recall sejumlah besar mobilnya karena fuel pump yang bermasalah. Ternyata model yang terlibat berupa mobil yang cukup laris, mulai dari Civic, City, Jazz, HR-V, CR-V, hingga Accord. Sejauh ini, Honda sudah melakukan penarikan di tiga negara, yaitu India, Filipina, Amerika Serikat (hanya Acura) dan yang terbaru di Malaysia.

Beberapa minggu setelahnya, giliran Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yang me-recall hampir 140 ribu unit Xpander. Belum juga sehari sudah beres, Nissan Motor Indonesia (NMI) ikut melakukan recall terhadap Livina. Maklum Xpander dan Livina memakai platform dan mesin yang sama.

Cukup Merepotkan

Model yang terdampak punya tahun produksi yang juga sama. Dimana Honda dan Nissan menemukan masalah tersebut pada unit model tahun 2018 dan 2019, sementara Mitsubishi dari tahun 2017 hingga 2019. Artinya model keluaran tahun 2020 tak ikut kena recall. Tapi kenapa bisa bebarengan dalam waktu sebulan, sih?

Sepertinya ketiganya memakai komponen fuel pump yang dipasok dari Denso, atau mungkin ini hanya kebetulan saja. Pompa tersebut bisa tak bekerja dengan baik sehingga mesin sulit dijalankan atau bahkan mogok. Masalah ini dianggap sudah biasa ditemukan pada Xpander, menurut MMKSI.

Tapi kalau MMKSI dan NMI me-recall mobilnya, kenapa Honda Prospect Motor (HPM) belum? Mereka akan terus memantau perkembangannya, hingga HPM memutuskan untuk melakukan hal yang sama.

Be the first to comment

Leave a Reply