Jika Jatuh atau Crash Motor Marquez Ini Menelan Biaya Setara 1 Unit Toyota Alphard!

Satu set cakram rem karbon motor MotoGP harganya sekitar 10.000 euro (Rp 159 juta)

Honda RC213V - Toyota Alphard

RiderTua.com – Siapa pembalap yang sering jatuh saat mengendarai motornya? Apakah tim tidak merasa setiap kali jatuh seperti ‘membakar uang” mereka?.. Melansir dari web resmi Box Repsol, satu unit motor Marquez ini harganya sekitar 3 juta euro atau setara Rp 48,6 miliar itu artinya 1 motornya Marquez seharga 30 unit mobil Toyota Alphard. Karena motor ini juga terdiri dari part yang tidak murah, jika jatuh atau crash motor MotoGP ini menelan biaya setara 1 unit Toyota Alphard… Berikut penjelasannya

Jika Jatuh atau Crash Motor MotoGP Menelan Biaya Setara 1 Unit Toyota Alphard!

Setiap kali pembalap jatuh, bos tim pasti khawatir akan keselamatannya, tetapi mereka juga menghitung ratusan juta untuk dibelanjakan untuk penggantian part yang rusak.

Christophe Bourguigon adalah teknisi yang menyiapkan motor Honda Cal Crutchlow. Bourguignon menjelaskan secara terperinci berapa besar biaya yang harus dikeluarkan saat Cal merusakkan motornya saat jatuh. “Kami menyewa motor ini, tetapi biaya pengembangan dan biaya teknisi HRC sudah termasuk dalam harga. Secara total, kita harus mengeluarkan sekitar 2 juta euro untuk dua motor Cal. Namun, kami memiliki teknisi HRC yang mengikuti kami di setiap balapan, dan ini adalah bagian dari paket lengkap. Memang benar itu jumlah yang besar, tetapi ada banyak sumber daya manusia yang terlibat. “

Marc Marquez crash MotoGP

Antara 238 juta Hingga 1,6 Miliar

Lalu berapa nilai biaya jika satu kali jatuh?.. Tergantung dari kerusakannya membutuhkan penggantian atau perbaikan setelah kecelakaan. “Saat jatuh dengan motor prototipe MotoGP dapat menelan biaya antara 15.000 euro(238 juta) dan jika parah 100.000 euro ( 1,6 miliar). Kecelakaan di MotoGP tidak ada yang nilai perbaikannya 2.000 euro (32 juta)”.

“Jika kita beruntung setelah jatuh, yang harus kita lakukan adalah mengubah beberapa bagian yang kita miliki dalam stok dan melanjutkan. Tetapi kecelakaan besar, atau bahkan serangkaian jatuh kecil berturut-turut, dapat langsung menyebabkan lebih banyak masalah. Misalnya, kami hanya memiliki 5 tangki bahan bakar. Hal yang sama berlaku untuk knalpot atau radiator. Penting untuk dapat mendistribusikan stok suku cadang ini selama akhir pekan, termasuk pengujian dan balapan”.

Jatuh dapat terjadi selama akhir pekan balapan, dan ketika itu terjadi, mereka dapat menyebabkan berbagai masalah. Jika memesan bagian yang rusak untuk diganti dari HRC, ada waktu produksi dan pengiriman yang bisa mencapai 5 atau 6 minggu. “

Rem dan Pelek

“Satu set cakram rem karbon harganya sekitar 10.000 euro (Rp 159 juta) dan setiap kali motor jatuh di kerikil (gravel), dapat merusak cakram. Kita tidak dapat mengirim pembalap ke lintasan dengan motor yang dapat dengan mudah melaju melebihi 300 km / jam dengan rem yang tidak kita percayai. Jadi kami menggantinya.

Pelek magnesium, satu set harganya sekitar 4.000 euro (Rp 64 juta). Karena ban Michelin tipis dan tidak terlalu protektif, teknisi sering dipaksa untuk menggantinya, bahkan setelah jatuh ringan.

Be the first to comment

Leave a Reply