Ketika Suzuki Tak Mau Kembangkan Mesin Diesel Lagi…

RiderTua.com – Melirik produk yang disediakan Suzuki, hanya ada segelintir mobil bermesin diesel dari merek ini. Dulu Ertiga pernah punya varian diesel hybrid, tapi kini pergi entah kemana setelah masuk ke generasi kedua. Tapi muncul kabar kalau Suzuki tidak akan ‘membuat’ mesin diesel untuk mobilnya lagi. Lho, kok bisa?

Suzuki-Ertiga-Diesel-Hybrid
Suzuki-Ertiga-Diesel-Hybrid
Baca juga: Suzuki Berhenti Jualan Baleno dan SX4 di Jepang ?

Suzuki Tidak Membuat Diesel Lagi

Sebenarnya mengembangkan mesin diesel bagi Suzuki tak terlalu sulit, walau hanya sebatas pada mobil SUV atau MPV seperti Ertiga. Jauh sebelum generasi keduanya dihadirkan, Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjual Ertiga Diesel di Indonesia. Tapi dikirim secara CBU dari India.

Tapi di generasi keduanya, sepertinya kesempatan kedua bagi Ertiga Diesel akan pupus. Alasannya jelas, aturan BS (Bharat Stage) 6 cukup ketat diberlakukan disana, sehingga Maruti Suzuki mau tak mau harus mengikutinya. Sementara mesin diesel Ertiga masih berstandar BS 4, dan tentu kena dampaknya.

Diesel ‘Diduakan’ Demi Bensin

Maruti Suzuki mengaku kalau peminat mobil diesel terbilang cukup banyak, bahkan kontribusinya mencapai 93 persen pada tahun lalu. Namun mereka melihat pergerakan tren mobil bensin yang juga sangat cepat. Apalagi mesin bensin kini sudah mulai mengungguli diesel.

Dengan begitu, Suzuki akan meninggalkan mobil diesel dan fokus pada mobil bensin. Artinya, generasi kedua Ertiga tak dapat memiliki mesin diesel lagi seperti dulu. Mungkin juga senasib dengan model Suzuki lainnya.

Walau beberapa waktu lalu, Ertiga generasi kedua yang diduga memakai mesin diesel sempat ketahuan diuji coba di India. Tapi belum dipastikan apakah itu memang varian diesel atau hybrid. Pasalnya Suzuki pernah mengenalkan Ertiga Hybrid di Indonesia, walau sebatas pada pameran saja.

Be the first to comment

Leave a Reply