MotoGP Digelar di Asia? Boleh, Asal…

Balap MotoGP bisa saja digelar dalam 12 atau 13 seri, dan Spanyol berpotensi menggelar lebih dari satu kali.

RiderTua.com – Benua Eropa akan jadi satu-satunya lokasi penyelenggaraan balap MotoGP di tahun ini. Dorna bahkan menyiapkan 12 seri balap untuk diadakan disana, dan salah satu diantaranya bisa menggelarnya lebih dari sekali. Sementara Amerika dan Asia tak kebagian jatah karena kondisi yang belum kondusif. Walau balap bisa saja digelar di Benua Asia, tapi ada syaratnya.

MotoGP Digelar di Asia

Dorna mengatakan kalau Eropa sudah memungkinkan untuk menggelar balap MotoGP, menyusul keadaan yang sudah agak mereda. Tapi Carmelo Ezpeleta selaku CEO Dorna Sports mengatakan jika seri tersebut masih memungkinkan digelar tanpa penonton.

Lalu bagaimana untuk seri di Benua Asia? Carmelo mengaku kalau itu sangat sulit dilakukan karena dapat memakan biaya yang cukup besar. Padahal Asia menjadi tempat yang sangat berpotensial bagi MotoGP contohnya Thailand di tahun 2019 bisa mengundang hingga lebih dari 200 ribu penonton.

Tanpa Penonton

Dorna mungkin tak bisa menggelarnya di Asia, kecuali ada satu syarat, yaitu para promotor disana tetap menggelar balap tapi tanpa penonton. Cara ini mungkin satu-satunya pilihan, dan mereka tak bisa memberi opsi lainnya. Dari info yang beredar, kalau tak ada halangan, Amerika dan Asia dapat menggelar balap pada bulan Desember.

Balap MotoGP bisa saja digelar dalam 12 atau 13 seri, dan Spanyol berpotensi menggelar lebih dari satu kali. Tapi Dorna masih menunggu keputusan akhir dari pemerintah setempat sebelum bisa memulai kembali musim 2020 pada bulan Juli nanti.

Be the first to comment

Leave a Reply