Sirkuit Andorra, Sirkuit Favorit Tempat Latihan Pembalap MotoGP

Boleh dibilang Andorra menjadi sirkuit paling sulit karena lintasannya cukup sempit. Tapi bagi pembalap MotoGP, disinilah tempat mereka mengasah skill mereka sebelum terjun ke ajang balap

Sirkuit Andorra Pas de la Casa

RiderTua.com – Nama sirkuit Andorra Pas de la Casa sempat mencuat belakangan ini. Lantaran sirkuit ini jadi tempat latihan para pembalap MotoGP, Alex Rins, Fabio Quartararo, Maverick Vinales, Pol Espargaro. Walau sekilas seperti sirkuit biasa, nyatanya Andorra punya banyak keunikan yang tak dimiliki sirkuit kebanyakan. Sirkuit Andorra, Sirkuit favorit tempat latihan pembalap MotoGP..

Sirkuit Andorra, Sirkuit Favorit Tempat Latihan Pembalap MotoGP

Kalau melihat dari jalur sirkuitnya, Andorra terlihat cukup ideal untuk balapan motor. Tapi motor dengan kubikasi besar tak bisa dipakai di Andorra karena jalurnya cukup sempit..trek mini. Diketahui panjang permukaan aspalnya kurang dari 1 km ( panjang total lintasan sirkuit 845 meter), lebar 10-11 meter, dan ada 7 tikungan.

Inilah mengapa para pembalap MotoGP memilih motor jenis lain yang sesuai dengan Andorra untuk dipakai latihan. Contohnya Rins yang memakai Suzuki GSX-R, atau bisa dikatakan sebagai versi mininya GSX-RR. Serta Maverick Vinales menggunakan Supermoto Yamaha YZ450F SM.

Sirkuit Andorra Pas de la Casa

Keunikan lainnya dari sirkuit Andorra yaitu lokasinya berada di 2.400 m diatas permukaan laut! Inilah mengapa Andorra dijuluki sebagai ‘lokasi sirkuit tertinggi di dunia’, dan tempat ini bisa tertutup salju tebal. Sehingga sirkuit tersebut bisa juga dipakai sebagai lokasi balapan diatas es.

Sumber: @polespargaro

Boleh dibilang Andorra menjadi sirkuit paling sulit karena lintasannya cukup sempit. Tapi bagi pembalap MotoGP, disinilah tempat mereka mengasah skill mereka sebelum terjun ke ajang balap, walau tak memakai motor yang biasa mereka pakai di balapan.

Be the first to comment

Leave a Reply