Arti Nama CAGIVA MITO: Motor ‘Dongeng’ yang Membawa Valentino Rossi Juara Pertama Kali!

Rossi kini tinggal menghabiskan musim terakhirnya sebelum mengakhiri karirnya di MotoGP. Terlepas dari hal itu, motor Cagiva Mito pertamanya akan diingat sebagai motor pertamanya yang membawanya ke podium untuk pertama kalinya. Namun apa arti Cagiva Mito?

Cagiva Mito Valentino Rossi

RiderTua.com – Walau di usianya yang mencapai 41 tahun, Valentino Rossi masih semangat menggeber motornya. Sepanjang karirnya, dia berkali-kali berpindah tim hingga motor, dari Honda, Ducati hingga Yamaha. Ternyata awalnya Rossi bisa memenangkan kejuaraan balap pertamanya dengan motor bukan dari Honda, Ducati, atau Yamaha. Lalu motor apa itu?.. Dialah Cagiva.. Berikut arti nama CAGIVA MITO: Motor yang membawa Valentino Rossi juara pertama kali.. Ternyata sebuah singkatan..

Cagiva Mito Valentino Rossi

Arti Nama CAGIVA MITO: Motor yang Membawa Valentino Rossi Juara Pertama Kali!

Kalau melihat dari semua balap yang ia ikuti, Rossi memenangkan balap pertamanya di tahun 1993. Tepatnya dalam ajang balap Italian Sport Production Championship, saat itu usianya terbilang masih muda. Tapi ia mampu mendapat gelar juara dengan motor Cagiva Mito 125.

Mungkin banyak orang masih belum kenal dengan merek motor yang satu ini, walau merek tersebut cukup tenar di Italia. Pada masanya, Cagiva Mito dilengkapi dengan mesin 125 cc, dan tenaga yang dihasilkannya tak sampai 30 hp. Tapi di tahun 90-an, tenaga ini sudah cukup besar untuk diikutkan di ajang balapan.

Selain mengandalkan motor Cagiva Mito, Rossi masih menggunakan nomor 26, bukan 46 seperti sekarang. Sejak saat itu, ia kemudian berani melangkah lebih jauh ke dunia balap. Hingga karirnya akhirnya membawa Rossi ke ajang balap MotoGP.

Rossi kini tinggal menghabiskan musim terakhirnya sebelum mengakhiri karirnya di MotoGP. Terlepas dari hal itu, motor Cagiva Mito pertamanya akan diingat sebagai motor pertamanya yang membawanya ke podium untuk pertama kalinya.

Cagiva Mito 125 Valentino Rossi
Cagiva Mito 125

Arti Cagiva Mito

Mito (Italia) dalam bahasa Inggrisnya adalah Myth (Mitos atau dongeng).. Cagiva adalah produsen sepeda motor Italia. Didirikan pada tahun 1950 oleh Giovanni Castiglioni di Varese, awalnya memproduksi komponen logam kecil. Anak-anak dari Giovanni, Claudio dan Gianfranco Castiglioni masuk ke industri sepeda motor pada tahun 1978. Namanya adalah portmanteau yang berasal dari nama pendiri ‘Giovanni Castiglioni’ dan lokasi pendiriannya, yaitu CAstiglioni GIovanni VArese.

Jadi Cagiva adalah singkatan dari nama depan pendirinya dan lokasi pabriknya.. Sedangkan seri Mito memamg kini menjadi dongeng atau cerita… Dalam sejarahnya, Cagiva memenangkan balapan di kompetisi Dakar dan Motocross, serta di MotoGP

Be the first to comment

Leave a Reply