Hanya Marquez di MotoGP yang Memakai Model Rem Belakang Berbeda!

Marc Marquez adalah satu-satunya pembalap MotoGP yang menggunakan cakram belakang berventilasi..

Rem Belakang Marc Marquez-ventilated rear disk brake

RiderTua.com – Rem adalah komponen penting dalam balap MotoGP. Dengan tenaga besar yang disemburkan dari mesin 1000cc perlu peralatan penghenti laju yang mumpuni.. Power Ducati yang paling gila, tidak ada artinya tanpa kontrol ini… Karena apa gunanya memiliki mesin paling kuat di MotoGP jika tidak dapat melambat saat menikung. Tahukah kamu bahwa: Hanya Marquez di MotoGP yang memakai model rem belakang berbeda?

Semua peralatan pengereman dipasok oleh perusahaan rem Brembo asal Italia. Meskipun Brembo bukanlah pemasok tunggal, tetapi karena setelah menggunakan merek lain, semua tim kembali gunakan Brembo. Sejak kelas MotoGP diperkenalkan pada tahun 2002, balapan dimenangkan oleh motor-motor yang dilengkapi dengan rem-rem Brembo. Elemen dari sistim pengereman modern di MotoGP adalah: cakram karbon, kaliper aluminium, saluran pendingin dan cakram berventilasi.

Hanya Marquez di MotoGP yang Memakai Model Rem Belakang Berbeda

Marc Marquez adalah satu-satunya pembalap yang menggunakan cakram belakang berventilasi. Bahkan, dia menggunakan rem belakang begitu sering dan begitu agresif. Sehingga Honda terpaksa melengkapi RC213V-nya dengan cakram rem belakang berventilasi ganda.

Lubang ventilasi di tengah memungkinkan gas panas yang timbul selama pengereman dengan mudah keluar dari disk itu sendiri. Sehingga membantu menjaga suhu disk relatif rendah untuk memastikan suhu operasi yang optimal.

Yamaha -Ducati Brake Rear

Bisa dilihat gambar diatas baik Yamaha M1 dan Ducati GP19 tidak memakai ventilasi pendingin di rem belakang.

Be the first to comment

Leave a Reply